TANGSELIFE.COM-Guna memberikan apresiasi kepada masyarakat yang ingin mudik Lebaran 2023 ini, pengelola Tol Tangerang-Merak memberikan diskon tarif sebesar 20 persen. 

”Kami ingin Lebaran tahun ini semakin berseri untuk masyarakat merayakannya. Karena itu kami berikan diskon tarif tol,” terang Presiden Direktur Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak Kris Ade Sudiyono, Jumat 15 April 2023. 

Adapun diskon tarif tol pada ruas jalan tol Tangerang-Merak ini berlaku untuk jarak terjauh (rute Cikupa – Merak) untuk semua golongan kendaraan. 

Adapun waktunya, untuk arus mudik berlaku mulai tanggal 16 April 2023 pukul 06.00 WIB sampai 18 April 2023 pukul 06.00 WIB. 

Sedangkan diskon tarif tol untuk periode arus balik berlaku mulai 27 April 2023 pukul 06.00 WIB sampai dengan tanggal 28 April 2023 jam 06.00 WIB

”Jadi tarif diskon 20 persen bagi kendaraan golongan 1 terjauh dari Cikupa ke Merak yang awalnya Rp53.500, akan diberikan diskon sebesar 20 persen menjadi Rp42.800,” terangnya. 

”Perhitungan itu hanya tarif tol Tangerang-Merak saja. Belum termasuk tarif integrasi. Karena tol Tangerang-Merak ini kan terintegrasi dengan ruas Jakarta-Tangerang dan ruas Serang-Panimbang,” katanya juga. 

Dia juga memaparkan diskon tarif tol ini melengkapi upaya pihaknya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, berupa  peningkatan kapasitas dan kualitas layanan Tol Tangerang-Merak. 

Yakni, Astra Tol Tangerang-Merak menambah ekstra layanan berupa peningkatan kapasitas jalan tol dari 2 lajur menjadi 3 lajur pada segmen Cikande-Serang Timur atau sepanjang 20 kilometer (km). 

Kemudian, menambah kapasitas parkir kendaraan di rest area KM 43 arah Merak dan Parking Bay KM 36 arah Merak dan Jakarta untuk istirahat pemudik. 

Lalu, turut menambah kapasitas layanan transaksi menggunakan gardu tandem di gerbang-gerbang tol dengan potensi trafik kendaraan yang tinggi. 

Tak ketinggalan melakukan koordinasi maksimal terkait manajemen lalu lintas untuk kelancaran dan kenyamanan pengguna jalan dan pemudik di beberapa titik rest area dan gerbang tol. 

Koordinasi untuk mengatasi kemacetan itu di antaranya dilakukan di Gerbang Tol  (GT) Cikupa, rest area KM 43 dan KM 68 arah Merak.

Selain itu juga, pengguna jalan tol Tangerang-Merak juga akan semakin dimudahkan untuk mengakses informasi layanan lalu lintas real time menggunakan aplikasi My Info Tol.

Aplikasi info tol itu baru saja diluncurkan pada tanggal 12 April 2023 lalu. Aplikasi yang dapat diunduh di i-store maupun playstore bagi pengguna smartphone Android dan i-Phone. 

Aplikasi My Info Tol ini memberikan fitur-fitur informasi seperti pantauan lalu lintas CCTV (closed circuit television), info tarif, info titik-titik dan layanan rest area. 

Termasuk juga tentang informasi destinasi wisata di sekitar ruas Jalan Tol Tangerang Merak dan 2 badan usaha jalan tol di bawah perusahaan yakni tol Cikopo – Palimanan dan Jombang – Mojokerto.

Empat Ruas Tol di Pulau Jawa-Sumatera Sudah Berlakukan Diskon

Selain Tol Tangerang-Merak yang sudah memberlakukan diskon tarif mulai Minggu 16 April 2023 ini, empat ruas jalan tol di Jawa dan Sumatera juga sudah memberlakukan diskon tarif tol.

Rincian lima ruas tol yang sudah memberlakukan diskon tarif mulai hari ini pada momen Lebaran 2023 adalah tiga ruas tol di Pulau Jawa, dan dua ruas tol di Pulau Sumatera.

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakn penerapan kebijakan diskon tarif tol ini merupakan upaya Pemerintah bersama BUJT untuk mengurangi kepadatan kendaraan saat mudik maupun arus balik Lebaran. 

Tanpa mengurangi kualitas layanan jalan tol, dengan memecah arus lalu lintas pada awal dan akhir masa libur Lebaran 2023. 

“Kita harapkan agar diskon tarif tol ini yang telah ditawarkan oleh operator jalan tol ini dapat disambut positif dan dimanfaatkan masyarakat untuk mudik lebih dulu atau kembali lebih belakangan,” terangnya, Sabtu 15 April 2023.

1. Tol Jakarta-Cikampek 

Diskon tarif tol diberikan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebesar 20 persen untuk ruas Tol Jakarta-Cikampek yang merupakan bagian penting dari Jalan Tol Trans Jawa. 

Diskon tarif tol berlaku pada arus mudik 16-17 April dan arus balik 27-29 April 2023, mulai dari Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama menuju GT Kalihurip Utama atau sebaliknya. 

2. Tol Bakauheni-Terbanggi Besar 

Diskon tarif tol ini diberikan PT Hutama Karya (Persero) Tbk pada ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera. 

Potongan tarif tol diberikan sebesar 20 persen berlaku pada periode arus mudik 16-18 April 2023 dan arus balik 26-28 April 2023 untuk semua golongan kendaraan.

3. Tol Kayuagung-Palembang 

Diskon tarif tol berlaku untuk ruas Tol Kayuagung-Palembang yang dikelola PT Waskita Toll Road melalui anak perusahaannya PT Waskita Sriwijaya Tol (WST). 

Diskon tarif tol pada Jalan Tol Trans-Sumatera ini diberlakukan untuk semua golongan kendaraan sebesar 20 persen dan berlaku pada arus mudik 16-18 April 2023 dan arus balik 27-29 April 2023.

4. Tol Cibitung-Cilincing 

Adapun aiskon tarif tol diberikan oleh PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways untuk ruas Tol Cibitung-Cilincing pada periode 14-30 April 2023.

Dengan besaran potongan tarif tol, untuk Golongan I sebesar 15 persen, Golongan II dan III sebesar 44 persen, dan Golongan IV dan V sebesar 58 persen.