TANGSELIFE.COMHari Kesaktian Pancasila 2023 diperingati setiap tanggal 1 Oktober yang termasuk dalam peringatan nasional.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila sebagai bentuk mengenang pahlawan revolusi yang gugur dalam peristiwa G30S/PKI.

Pancasila itu merupakan dasar negara Indonesia yang menjadi pedoman hidup masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.

Untuk itu Kemdikbudristek mengimbau untuk seluruh instansi pemerintah sampai sekolah mendakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila.

Di tingkat pusat, upacara akan berlangsung di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta yang akan dihadiri oleh Presiden RI, Ketua DPR, hingga para menteri.

Rencananya upacara ini akan berlangsung pada hari Minggu, 1 Oktober 2023 mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai.

Tema Hari Kesaktian Pancasila 2023.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia telah merilis surat edaran terkait Peneyelenggaraan Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2023.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023 ini akan diadakan serentak pada tanggal 1 Oktober 2023, dengan mengusung tema ” Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju”.

Panduan Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2023.

Dalam surat edaran yang sudah dirilis Kemdikburistek terdapat beberapa poin penting terkait penyelengaraan upacara tanggal 1 Oktober 2023 sebagai berikut:

1. Penyelenggaraan upacara Hari Kesaktian Pancasila 2023 dilaksanakan tingkat pusat, daerah, kantor perwakilan RI di luar negeri, dan satuan pendidikan.

2. Seluruh Kepala Daerah/ Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, kantor/ lembaga menyelenggarakan upacara peringatan secara luring sepenuhnya dari kantor masing-masing.

3. Di setiap kantor instansi pusat dan daerah, kantor perwakilan RI di luar negeri, seluruh satu pendidikan dan komponen masyarakat Indonesia, untuk mengibarkan bendera setengah tiang tanggal 30 September 2023, dan pada pukul 06.00 WIB tanggal 1 Oktober 2023 bendera berkibar satu tiang penuh.

4. Pada tanggal 1 Oktober 2023 masyarakat Indonesia diimabu untuk mendengarkan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Youtube resmi Kemendikbud RI.

Adapun itulah beberapa rangkuman penting yang dibuat Kemdikbudristek terkait Hari Kesaktian Pancasila 2023.