TANGSELIFE.COM– Setelah proses pendaftaran, selesai Rekrutmen Bersama BUMN 2023 memasuki tahapan tes online mulai hari ini, Senin 12 Juni 2023 hingga 20 Juni 2023 mendatang.

Adapun tes online Rekrutmen Bersama BUMN 2023 ini akan diikuti oleh sekitar 800.000 dari seluruh Tanah Air.

Untuk tes online tahap pertama ini yaitu tes TKD (Tes Kemampuan Dasar) dan Core Value BUMN “AKHLAK”.

Rekrutmen Bersama BUMN
Pengumuman seleksi TKD dan AKHLAK Rekrutmen Bersama BUMN 2023 di akun media sosial yang dikelola oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

Rinciannya jadwal tes online pada 12-19 Juni 2023 untuk peserta dengan lulusan D3, S1/D4, S2 dan pada 20 Juni 2023 untuk peserta lulusan SMA.

Untuk peserta dengan lulusan D3, S1/D4, S2  pada 12-19 Juni 2023 akan mengikuti tes TKD (Tes Kemampuan Dasar) dan Core Value BUMN “AKHLAK”.

Sedangkan untuk lulusan SMA pada 20 Juni 2023 hanya akan mengikuti tes TKD dan tanpa mengikuti tes AKHLAK.

Deputi SDM dan IT Kementerian BUMN Tedi Bharata mengatakan agar para peserta tes Rekrutmen Bersama BUMN itu mengikuti seluruh petunjuk teknis atau syarat yang ditetapkan.

Agar tidak gagal saat dalam proses ujian tertulis online yang dilakukan melalui platform digital atau secara online tersebut.

“Penting kami ingatkan agar peserta terhindari dari kegagalan karena hal-hal yang bersifat teknis seperti peralatan yang digunakan dan hal lainnya,” ujarnya, Senin, 12 Juni 2023.

Dia juga mengatakan kalau tahapan dan petunjuk teknis tes rekrutmen BUMN telah dikirimkan ke email masing-masing para peserta.

Persyaratan yang harus dipenuhi peserta Rekrutmen yakni wajib menggunakan komputer PC atau laptop yang dilengkapi kamera dan mouse saat mengikuti ujian online.

Peserta tidak dapat menggunakan ponsel, tablet, atau smartphone lantaran tidak cocok dengan sistem yang digunakan panitia Rekrutmen Bersama BUMN.

Pengumuman serupa diunggah pula di sejumlah akun media sosial yang dikelola oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) selaku penyelenggara Rekrutmen Bersama BUMN.

Saat mengikuti tes ujian, kamera pada komputer PC atau laptop wajib dinyalakan. Jika tidak, peserta akan otomatis langsung gugur.

Tedi memaparkan pernah ada keluhan seorang calon peserta Rekrutmen Bersama BUMN di sebuah platform media sosial.

Dalam video yang diunggah di platform itu, pemilik akun yang jadi peserta Rekrutmen Bersama BUMN itu mengeluhkan waktu ujiannya mepet dengan waktu salat Jumat.

Setelah dicek ternyata, peserta tersebut menggunakan ponsel sehingga tidak semua fitur untuk ujian itu berjalan dengan baik di smartphone.

“Ternyata benar, yang bersangkutan juga telah mengakui mengikuti tes menggunakan ponsel dan tidak membaca secara detail petunjuk teknisnya. Ini yang perlu dihindari,” paparnya juga.

Tes pada hari Jumat lalu itu, papar Tedi, bersifat uji coba, bukan tes sebenarnya. Tes uji coba itu dimaksudkan agar peserta memiliki waktu mempersiapkan keandalan perangkat dan jaringan internet.

Selain itu juga, Tedi mengingatkan peserta untuk menghindari segala bentuk kecurangan dan mengedepankan akhlak saat mengikuti tahapan tes online.

Pasalnya, pelaku kecurangan akan dimasukkan dalam daftar hitam (blacklist) sehingga tidak dapat lagi mengikuti rekrutmen BUMN pada tahun-tahun mendatang.

Guna mendeteksi praktik kecurangan, kata Tedi, pihaknya telah memaksimal sistem proctoring atau pengawasan yang ketat.

Adapun praktik curang itu seperti perjokian dan pembukaan tab, window, atau halaman lain pada perangkat yang digunakan saat tes.

Setelah pengerjaan tes selesai, peserta akan mendapatkan pop up notifikasi hasil tes yang telah dikerjakan sebagai bentuk transparansi.

Terakhir, Tedi mengatakan kalau Rekrutmen Bersama BUMN tidak dipungut biaya apapun. Baik itu mengasnamakan panitia Rekrutmen Bersama BUMN 2023, FHCI, dan Kementerian BUMN.

Untuk diketahui, tahapan tes online yang diikuti 800.000 orang ini karena sudah lolos syarat administrasi dari 2 juta orang yang mendaftar Rekrutmen Bersama BUMN 2023.

Berikut Spesifikasi Laptop dan Komputer Tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023

1. Prosesor

  • Laptop atau komputer yang digunakan peserta yang ikut tes online Rekrutmen Bersama BUMN 2023 minimal menggunakan prosesor Intel Core i3 atau setara

2. RAM

  • Laptop atau komputer yang digunakan peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2023harus memiliki RAM sebesar 4 GB.

Ketentuan Tes TKD dan AKHLAK Rekrutmen Bersama BUMN 2023

  1. Laptop atau komputer yang digunakan saat tes final nanti harus sama seperti yang digunakan dalam mengerjakan test trial sebelumnya.
  2. Dalam pengerjaan tes, peserta tidak disarankan untuk menggunakan ponsel atau tablet.
  3. Peserta sangat disarankan untuk menggunakan browser Mozilla Firefox atau Google Chrome versi terbaru.
  4. Peserta wajib menyalakan kamera selama tes berlangsung.
  5. Pastikan laptop atau komputer terhubung dengan jaringan internet dan listrik yang stabil.