TANGSELIFE.COM-Lagi, hujan deras yang melanda Kota Tangerang Selatan pada Sabtu 13 Mei 2023 sejak pukul 18.30 menyebabkan sejumlah bencana alam di daerah tersebut. 

Terjadi genangan air atau banjir, pohon tumbang, longsor hingga tembok roboh yang baru dibangun di Kantor Kelurahan Babakan, Kecamatan Setu.

“Tembok pembatas Kelurahan Babakan roboh dan menutup akses jalan,” terang Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Tangsel Faridzal Gumai dalam keterangan pers, Sabtu 13 Mei 2023 malam. 

Dia juga mengatakan,bangunan beton di kantor Kelurahan Babakan dengna ketinggian 3,5 meter dan panjang kurang lebih 25 meter amblas diduga akibat terkikis air hujan.

Selain itu, tanah longsor juga terjadi di Jalan Nn RT03 RW 01, Kelurahan Kademangan, Kecamatan Setu, Kota Tangsel. 

Tanah longsor itu nyaris membuat rumah warga terkena dampak longsor. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu dan juga warga yang mengungsi.

Selanjutnya, akibat hujan deras itu juga membuat satu pohon tumbang yang menimpa kabel listrik di Villa Mutiara Serpong RT 01/RW 011, Kelurahan Pondok Jagung Timur, Kecamatan Serpong Utara.

Sedangkan banjir terjadi di Kampung Bulak dan Perumahan Pondok Maharta, Kelurahan Pondok Kacang Timur, Kecamatan Pondok Aren. 

Sejumlah pemukiman warga di dua daerah itu tergenang air hujan 30 centimeter (cm). Tapi air cepat surut selesai hujan berhenti. 

“Untuk evakuasi pohon tumbang, tim BPBD dibantu dengan Satpop PP dan warga sekitar mengevakuasi pohon tumbang,” ujarnya juga. 

Begitu juga untuk lokasi longsor di Kelurahan Kademangan, Kecamatan Setu, petugas BPBD Tangsel dan warga sekitar sudah membersihkan tanah yang longsor tersebut.