TANGSELIFE.COM- Bulan ramadan 2023 M/1444 H akan segera tiba. Beberapa negara di seluruh dunia ini diprediksi akan mulai berpuasa terlebih dahulu, yaitu pada tanggal 23 Maret 2023.

Seperti yang kita tahu, perbedaan waktu, perputaran matahari, garis khatulistiwa dan beberapa faktor lainnya mempengaruhi waktu, kondisi musim, bahkan keadaan negara yang satu dengan yang lainnya.

Begitu juga waktu untuk berpuasa. Beberapa negara berikut ini akan memulai puasa terlebih dahulu.

Lalu negara apa saja yang akan berpuasa terlebih dahulu? Berikut tangselife.com akan menjelaskan rinciannya:

Bahrain

Negara yang berada di Benua Asia Barat ini akan memulai puasa pada tanggal 23 Maret mendatang.

Hal ini berdasarkan kalender puasa keluaran Kementerian Kehakiman dan Urusan Agama Islam dan Wakaf Bahrain.

“Kementerian Kehakiman dan Urusan Islam dan Wakaf telah menerbitkan Kalender Puasa untuk bulan Ramadan yang berkah,” tulis akun Twitter resmi Kementerian tersebut, disertakan dengan link pengunduhan kalender puasa.

Uni Emirat Arab (UEA)

Uni Emirat Arab juga diprediksi akan memulai puasa pada tanggal 23 Maret. Emirates Astronomical Society memperkirakan Ramadan akan dimulai sejak 23 Maret 2023 dan berlangsung selama 29 hari tahun ini.

Maroko

Negara yang terletak di bagian Afrika Utara ini akan memulai puasa 1444 H pada 23 Maret 2023.

Dikutip dari Maroko World News, untuk tanggal resmi akan dikonfirmasi oleh Kementerian Urusan Islam Maroko setelah penampakan bulan sabit.

Meski begitu, belum bisa dipastikan kapan Maroko akan melihat bulan sabit untuk Ramadaan. Biasanya, negara tersebut melakukan pengamatan hilal setiap hari atau beberapa hari sebelum Ramadan.

Mesir

Dikutip dari Egypt Independent, menurut Presiden Institut, Gad al-Qady Lembaga Riset Astronomi dan Geofisika Nasional Mesir mengumumkan bahwa hari pertama Ramadan 2023 di Mesir akan jatuh pada Kamis, 23 Maret.

Qady menjelaskan bahwa penetapan tanggal pertama Ramadan 2023 terjadi setelah penetapan awal bulan Sya’ban 1444 H, pada Selasa, 21 Februari.

Ia mencatat, hilal bulan Sya’ban 1444 H akan lahir tepat pada pukul 21.07, Senin waktu Kairo.

Amerika-Kanada

Menurut perhitungan astronomi untuk Muslim di Amerika Serikat, Kanada, dan negara-negara lain di seluruh Amerika Utara diperkirakan juga akan memulai hari pertama Ramadan pada 23 Maret.

Perhitungan tersebut dikonfirmasi oleh Dewan Fiqh Amerika Utara atau Dewan Fiqih Amerika Utara atau (FCNA).

Dari hasil perhitungan, FCNA mengumumkan bahwa bulan baru astronomi terjadi pada hari Selasa, 21 Maret 2023, pukul 17:23 GMT.

Dihari itu, tidak ada tempat di bumi yang saat matahari terbenam elongasinya 8 derajat dan bulan 5 derajat di atas matahari.

“Jadi, hari pertama Ramadhan 1444 H adalah pada hari Kamis, 23 Maret. Shalat Tarawih akan dimulai pada Rabu malam,” dilansir dari keterangan resmi FCNA.

Inggris

Ramadan 1444 H/2023 M di salah satu negara di Eropa, yaitu Inggris, diperkirakan akan dimulai pada Kamis, 23 Maret, berdasarkan perhitungan astronomi.

Tanggal pasti Ramadan akan ditentukan oleh penampakan bulan sabit pada Rabu malam, 22 Maret 2023.