TANGSELIFE.COM-Polres Tegal mengumumkan korban kecelakaan bus pariwisata yang masuk jurang di kawasan wisata pemandian air panas Guci, Kabupaten Tegal, Minggu, 7 Mei 2023 pagi.

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakin mengatakan korban bus masuk jurang yang ditumpangi warga Kota Tangerang Selatan (Tangsel) itu menyebabkan satu orang tewas. 

Dia juga mengatakan jumlah penumpang bus tersebut total berjumlah 50, namun saat ketika kejadian hanya 37 penumpang yang ada di dalam bus naas tersebut. 

“Dari manifest penumpang memang 50 orang. Tetapi saat kecelakaan di dalam bus ada 37 orang penumpang. Sisanya, 13 orang belum naik,” ujar kepada wartawan, Minggu 7 Mei 2023.

Dari jumlah 37 penumpang itu, ujar Sajarod Zakij juga, 1 orang meninggal dunia dalam perawatan, satu orang lagi luka berat dan 35 orang luka ringan. 

“Korban yang meninggal ini sempat dibawa ke RSUD dr. Soesilo, Slawi. Satu korban luka berat juga masih dalam perawatan di sana,” katanya juga. 

Untuk diketahui, sebuah bus pariwisata berwarna merah terjun ke jurang yang ada sungainya di kawasan Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah pada Minggu 7 Mei 2023 sekitar pukul 08.00 WIB. 

Sementara itu, data PMI Kabupaten Tegal menyebutkan kalau kebanyakan korban bus masuk jurang itu dirawat di puskesmas dan klinik terdekat karena hanya mengalami luka ringan. 

“Ada beberapa orang yang mengalami luka serius kami rujuk ke RSUD dr. Soesilo, Slawi,” terang relawan  PMI Kabupaten Tegal, M. Ramedhon.

Dia juga memaparkan kalau Posko PMI Kabupaten Tegal mendapatkan informasi kecelakaan laku lintas bus masuk jurang di kawasan wisata alam Guci sekitar pukul 08.10 pagi. 

“Lalu sekitar pukul 08.45 WIB, petugas datang ke lokasi,” ujar keterangan resmi PMI Kabupaten Tegal,  Minggu, 7 Mei 2023.

Usai evakuasi dilakukan petugas dibantu masyarakat, sekitar pukul 10.00 WIB semua korban yang luka dibawa ke klinik dan puskesmas terdekat. 

“Sekitar pukul 12.00 WIB, petugas gabungan membawa sejumlah pasien yang mengalami luka serius untuk dirujuk ke RSUD dr. Soesilo, Slawi,” terangnya juga. 

Selain itu, petugas PMI Kabupaten Tegal juga melakukan pendataan para para korban. “Hasil pendataan, 31 orang luka dan selamat. Satu orang meninggal dan satu luka berat dan 6 orang selamat,” kata M. Ramedhon lagi.

Wali Kota Tangerang Selatan Menuju ke Lokasi Kejadian

Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) langsung tanggap menanggapi kejadian warganya yang mengalami kecelakaan di kawasan wisata Guci, Kabupaten Tegal.

Pemkot Tangsel segera mengirimkan tim langsung menuju ke lokasi kejadian kecelakaan bus yang ditumpangi warga Kayu Gede, Paku Jaya, Serpong Utara tersebut. 

Tidak tanggung-tanggung, Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie langsung memimpin tim menuju lokasi kejadian kecelakan bus masuk jurang tersebut.  

Dia mengatakan dirinya bersama jajaran langsung menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk membantu proses evakuasi korban dan memantau penanganan medis warganya tersebut. 

“Ini sudah di jalan mau ke Tegal,” terang Benyamin saat dihubungi, Minggu 7 Mei 2023. Dia juga mengaku sudah perintahkan jajarannya bertindak menanggapi kecelakaan tersebut. 

“Saya juga sudah perintahkan Pak Sekda, BPBD dan Dinkes Tangsel untuk menanggapi kecelakaan bus yang dialami warga Kecamatan Serpong Utara itu,” tandasnya.