Peduli  Lindungi merupakan aplikasi atau situs yang dikembangkan pemerintah untuk membantu pelacakan guna menghentikan virus Covid-19.

Sejak pandemi Covid-19 aplikasi Peduli Lindungi memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Hingga, menjadi salah satu syarat perjalanan seluruh mode transportasi.

Di dalam aplikasi Peduli Lindungi pengguna dapat mengunduh sertikat hasil vaksin serta mendapatkan infromasi hasil tes Covid-19 yang hasilnya berpengaruh pada sebuah warna.

Lantas bagaimanakah arti status dan warna dalam aplikasi Peduli Lindungi? Dilansir dari Instagram Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, berikut penjelasannya:

  1. Warna hijau

Jika memiliki warna ini, anda dapat bepergian ketempat umum karena sudah mendapatkan vaksin dosis 1&2.

Bukan merupakan pasien Covid-19 atau kontak erat. Memiliki tes antigen negatif (1×24) atau PCR negatif (3×24), atau sudah sembuh dari Covid-19 <90 hari.

  1. Warna Kuning

Memiliki arti, anda baru menerima vaksis dosis 1 (belum lengkap). Belum vaksin tetapi sudah sembuh Covid-19 <90 hari.

  1. Warna Merah

Anda tidak dapat bepergian dan masuk ke tempat umum karena belum menerima vaksin dosis 1 dan 2.

  1. Warna Hitam

Anda tidak dapat berpergian dan masuk ke tempat umum karena positif Covid-19 <10 hari. Harus melakukan tes PCR ulang dua kali dengan jangka waktu 24 jam dan hari ke-6 dan hari ke-7 dengan hasil negatif. Tanpas harus tes ulang, status akan kembali seperti semula pada hari ke-11.

Memiliki riwayat kontak dengan kasus positif <10 hari.

Serta, kedatangan dari luar negeri sehingga wajib melakukan karantina sesuai peraturan yang berlaku.

Berikut informasi status dan wana dalam Aplikasi Peduli Lindungi. Selalu terapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.