TANGSELIFE.COM-Kepolisian menjamin keamanan Jakarta saat ditinggal mudik Lebaran 2023 oleh warganya. Masyarakat yang akan mudik tidak perlu khawatir meninggalkan rumah kosong.

Petugas Polda Metro Jaya akan melakukan patroli di rumah-rumah kosong yang ditinggalkan pemudik. Tidak hanya itu, kepolisian juga memberikan pelayanan penitipan kendaraan bermotor di seluruh polres yang ada. 

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto mengatakan sudah meminta personel bersiaga mengamankan mudik Lebaran 2023 ini untuk menjaga keamanan. 

Dia juga mengatakan, seluruh anggota Polda Metro Jaya tidak diperbolehkan mengambil cuti, kecuali ada keperluan sangat mendesak dan urgent.

“Kami tidak satu pun yang libur dan tidak satu pun yang cuti, kecuali misalnya ada orang tuanya sakit keras dan lain-lain itu insiden. Kami akan jaga Jakarta,” ujar Karyoto kepada wartawan, Selasa 18 April 2023.

Dalam ‘Operasi Ketupat 2023’ guna menjaga keamanan  hari raya Idul Fitri 1444 Hijariah ini, total sebanyak 6.544 personel gabungan dikerahkan.

Dari jumlah petugas yang berjaga itu, sebanyak 3.583 personel dari Polda Metro Jaya dan dan 2.275 personel lainnya dari polres jajaran di Depok, Bekasi dan Tangerang (Detabek). 

Selain itu juga, disiagakan sebanyak 100 personel yang berasal dari TNI, lalu sebanyak 586 personel dari pemerintah Provinsi DKI Jakarta seperti petugas Dishub dan Satpol PP.

Polisi Patroli Rumah Kosong

Guna memastikan keamanan rumah kosong yang ditinggalkan pemudik, personel Polda Metro Jaya yang terlibat pengamanan akan melaksanakan patroli. 

Tak hanya di rumah warga agar, patroli juga akan diintensifkan di beberapa tempat kos yang berpotensi menjadi sasaran pencurian tidak luput dari patroli. 

“Setiap polres pasti ada (pengamanan). Setiap perumahan mewah terbuka pasti rawan semua. Kalau misalnya ada tempat kos-kosan, ada 5 sampai 10 motor, sepi kan orang yang punya niat jahat pasti wah itu sepi,” terang  Karyoto juga.

Karena itu, polisi mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif mencegah kejahatan. Polisi akan memastikan lingkungan warga mendapat pengamanan guna mencegah kesempatan terjadinya kejahatan.

“Mungkin kalau dipatrolikan, warga sekitar ikut menjaga, ada kegiatan masyarakat itu menjadi faktor pencegah hilangnya kesempatan bagi orang-orang yang punya niat jahat,” paparnya juga. 

Dirikan Pos Pengamanan Lebaran 2023

Selain itu juga, Polda Metro Jaya mendirikan sebanyak 37 pos pengamanan selama Lebaran 2023. Pos pengamanan ini didirikan baik di jalur arus mudik dan arus balik hingga di beberapa tempat wisata dan lokasi rawan.

“Pos pengamanan arus mudik dan arus balik ada 37 titik pos pengamanan,” terang  Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, Selasa 18 April 2023.

Berikut Daftar Pos Pengamanan Lebaran 2023:

-Jalan Tol:

1. KM 10 Jakarta-Cikampek

2. Rest Area KM 19 Jakarta-Cikampek

3. Cikarang Utama KM 29

4. Rest Area KM 33

5. Rest Area KM 39

6. Rest Area Pinang KM 13,5

7. Rest Area Kunciran KM 14 

8. Rest Area KM 10 arah Bogor

9. Pos Gerbang Tol Cikunir

10. KM 19 Jakarta-Cikampek

11. Rest Area KM 6 Jakarta-Cikampek

12. Rest Area Kunciran KM 14

13. Rest Area Pinang KM 13

14. KM 21 Jakarta-Cikampek

-Jalan Arteri:

1. Pos Lantas Kalideres

2. Pos Joglo Raya

3. Pos Kalimalang

4. Pos Jalan Nur Ali Sumber Arta

5. Pos Jalan Sultan Medan Satria

6. Pos Pasar Tambun

7. Pos Kedung Waringin

8. Pos Panasonic

9. Pos SPBU Cilangkap Depok

-Terminal dan Pelabuhan:

1. Pos Terminal Bus Kampung Rambutan

2. Pos Terminal Pulogebang

3. Pos Terminal Kalideres

4. Pos Pelabuhan Tanjung Priok

-Stasiun dan Bandara:

1. Pos Pengamanan Stasiun Gambir

2. Pos Pengamanan Stasiun Pasar Senen

3. Pos Pengamanan Stasiun Jatinegara

4. Pos Bandara Soekarno-Hatta

5. Pos Bandara Halim Perdanakusuma

-Tempat Wisata:

1. Pos Pengamanan KB Ragunan

2. Pos Taman Mini Indonesia Indah

3. Pos Pengamanan Ancol

4. Pos Pengamanan Monas

5. Pos Pengamanan Kawasan Kota Tua.