TANGSELIFE.COM – Pada artikel ini, Tangselife akan menyajikan informasi jenis dan arti warna helm proyek sesuai jabatan.

Seperti diketahui, Kesehatan dan Keselamatan Kerja atau K3 menjadi hal utama di kawasan konstruksi.

Demi menjaga keselamatan selama berada di area konstruksi, maka setiap orang harus menggunakan alat-alat pelindung keamanan, salah satunya helm proyek.

Alat ini berfungsi untuk memberi proteksi dari berbagai risiko cedera seperti benturan, terantuk, kejatuhan, hingga terpukul benda tajam atau keras yang melayang atau meluncur di udara, dan sebagainya.

Hal ini sesuai dengan yang tertuang pada Lampiran Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Permenaker) Republik Indonesia No. PER.08/MEN/VII/ 2010 tentang Alat Perlindungan Diri.

Jenis dan Arti Warna Helm Proyek Sesuai Jabatan

Helm proyek atau helm safety dibedakan menjadi beberapa jenis dan warna yang didasarkan pada jabatan seseorang.

Warna helm safety yang mencolok dimaksudkan agar para pekerja yang memakainya mudah terlihat, terutama jika ada kendaraan atau alat berat yang lewat, sehingga tidak terlindas atau tertabrak.

Selain itu, warna-warni yang mencolok pada helm safety juga memiliki arti yang berkaitan dengan jabatan pekerja di proyek.

helm K3
penggunaan helm safety di kawasan konstruksi

Berikut penjelasan arti warna helm safety sesuai jabatan:

– Helm safety warna putih

Umumnya digunakan oleh orang-orang yang memiliki jabatan tinggi di kawasan kontruksi seperti insinyur, manajer, pengawas atau mandor para pekerja.

Mereka yang mengenakan helm putih ini juga biasanya punya tanggung jawab dan pengetahuan yang lebih besar.

– Helm safety warna biru

Biasanya digunakan oleh pekerja lapangan yang punya jabatan sebagai supervisor lapangan, operator teknis, atau pengawas sementara di sebuah kawasan proyek.

Operator teknis yang dimaksud misalnya teknisi kelistrikan sampai tenaga ahli di bangunan kayu.

– Helm safety warna hijau

Helm proyek berwarna hijau ini adalah alat pengaman yang digunakan oleh seseorang yang tugasnya berhubungan dengan lingkungan.

Di area proyek, mereka adalah pengawas lingkungan atau peneliti lingkungan terhadap sesuatu yang tengah dibangun.

Jadi orang-orang yang mengenakan helm proyek warna hijau ini biasanya yang paling tahu tentang keadaan lingkungan proyek dan area sekitarnya.

– Helm safety warna kuning

Umumnya digunakan oleh subcontractor maupun pekerja umum.

Biasanya para pekerja yang menggunakan helm kuning juga wajib mengenakan rompi berwarna kuning terang saat melakukan tugas di lapangan.

– Helm safety warna orange

Umumnya digunakan oleh tamu perusahaan atau orang-orang di luar pekerja konstruksi yang ingin masuk dan meninjau kawasan tersebut.

– Helm safety warna merah

Biasanya digunakan oleh safety officer atau orang yang bertugas memeriksa sistem keselamatan atau pengawas sistem pengamanan di kawasan proyek.

– Helm safety warna merah muda

Umumnya digunakan oleh pekerja baru atau magang.

Demikian penjelasan terkait jenis dan arti warna helm proyek sesuai jabatan seseorang di kawasan konstruksi.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow