TANGSELIFE.COM-Presiden Amerika Serikat Joe Biden mendesak Ketua DPR AS yang baru saja terpilih dari Partai Republik, Mike Johnson untuk setujui bantuan militer ke Israel dan Ukraina.

“Kita perlu bergerak cepat mengatasi kebutuhan keamanan nasional untuk menghindari penutupan dalam 22 hari,” kata Biden dilansir dari AFP, Kamis, 26 Oktober 2023.

Lanjut Biden, saat ini adalah waktunya untuk bergerak, meski Amerika Serikat memiliki ketidapsepakatan atas isu-isu penting.

“Ini adalah waktu kita untuk bertindak, meskipun kita memiliki ketitdaksepakatan dalam beberapa isu, namun harus ada upata bersama untuk menemukan kesamaan,” katanya.

Sebelumnya, Biden berbicara via telepon dengan putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) tentang eskalasi militer yang sedang berlangsung di Gaza.

Keduanya membahas tentang upaya yang dilakukan untuk mengatasi situasi tersebut.

Selama panggilan telepon pada Selasa 24 Oktober 2023, waktu setempat , seperti dilaporkan kantor berita Saudi Press Agency (SPA), Putra Mahkota Saudi menekankan pentingnya mengambil tindakan segera untuk menghentikan operasi militer.

Terlebih lagi konflik yang selama ini berlangusng, telah merenggut ribuan nyawa warga sipil di kedua belah pihak.

MBS mengutuk keras, serangan militer yang kustru menarget warga sipil, serta menyerang bangunan vital bagi warga sipil.

MBS juga menyoroti pentingnya mematuhi hukum kemanusiaan internasional, mencabut blokade terhadap Gaza, menjaga layanan penting, dan mengizinkan masuknya bantuan kemanusiaan dan medis.

MBS menggarisbawahi desakan untuk berupaya memulihkan jalan menuju perdamaian, memastikan bahwa rakyat Palestina mendapatkan hak-hak mereka yang sah dan mencapai perdamaian yang adil dan komprehensif.

Dalam percakapan itu, menurut laporan SPA, Biden menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Putra Mahkota Saudi atas upayanya mengurangi intensitas dan cakupan eskalasi di kawasan.

Sopiyan
Editor