TANGSELIFE.COMKapal selam wisata Titanic bernama Ocean Gate Titan yang hilang berhari-hari saat hendak menjelajahi bangkai kapal Titanic dinyatakan meledak, Jumat, 23 Juni 2023.

Tim penyelamat dari Angkatan Laut AS mengatakan mereka tidak akan pernah bisa menemukan jenazah lima awak kapal selam Titanic naas tersebut.

“Ini lingkungan yang sangat tak kenal ampun,” terang Laksamana Muda John Mauger, pejabat Coast Guard Amerika Serikat (AS), Jumat, 23 Juni 2023.

Kapal selam Titanic

Kapal selam Titanic dilihat tim penyelamat di bawah sana di dasar laut dan puing-puing konsisten dengan ledakan yang dahsyat.

“Kami akan terus bekerja dan terus mencari di area bawah sana, tapi saya tidak punya jawaban untuk prospek (5 penumpang) saat ini,” ujarnya juga.

Pada Kamis, 22 Juni 2203, malam dilaporkan bahwa Angkatan Laut AS mendeteksi ledakan kapal selam Titan pada perangkat pemantau suara bawah air.

Kapal selam Titanic yang dinaiki 5 orang saat berwisata di sekitar Kapal Titanic itu menghilang di Samudera Atlantik sejak Minggu, 18 Juni 2023. 

Seorang pejabat senior Angkatan Laut AS melaporkan ledakan itu direkam oleh sistem pemantauan akustik rahasia yang dirancang untuk mendeteksi kapal selam. 

“Angkatan Laut AS melakukan analisis data akustik dan mendeteksi anomali yang konsisten dengan ledakan di sekitar tempat kapal selam Titan beroperasi,” terangnya.

Setelah kapal selam Titan dilaporkan hilang kontak pada Minggu, 18 Juni 2023, Angkatan Laut AS menganalisis data akustiknya dan menemukan anomali yang konsisten dengan ledakan.

Sementara itu, OceanGate Expeditions, perusahaan yang memiliki kapal selam wisata Titan telah mengumumkan bahwa penumpang kapal yang hilang itu telah tewas. 

Pengumuman pada Kamis 22 Juni 2023, lima awak kapal yang terdiri dari empat turis dan CEO perusahaan yang mengemudikan kapal selam diyakini meninggal.

Profil 5 Penumpang Kapal Selam Titanic yang Meledak di Samudera Atlantik

1. Hamish Harding (Miliarder Action Aviation)

Hamish Harding merupakan seorang miliarder pemimpin dari Action Aviation. Yaitu sebuah perusahaan yang membeli dan menjual pesawat terbang.

Kantor dari perusahaan ini berada di Dubai, UEA dan London, Inggris. Selain menjadi bos, dia juga suka berpetualang.

Bos perusahaan Action Aviation berusia 58 tahun ini bahkan memegang rekor Guinness Book of World Records.

Ia memiliki rekor ‘mengelilingi bumi tercepat melalui kedua kutub geografis’ dengan pesawat terbang dengan waktu keliling dunia kurang dari 46 jam.

Hamish Harding juga menjadi bagian dari misi ke tepi luar angkasa Blur Origin milik Jeff Bezos pada Juni 2022.

2. Shahzada Dawood (Wakil Ketua Dawood Hercules)

Shahzada Dawood merupakan wakil ketua dari Dawood Hercules yang berpusat di Karachi, Pakistan.

Perusahaan ini merupakan bagian dari bisnis keluarga bernama Dawood Group yang bergerak di bidang investasi.

Dilansir dari New York Times, Dawood adalah pewaris salah satu kekayaan terbesar di Pakistan.

Pengusaha berusia 48 tahun ini juga menjabat sebagai vice chairman Engro Corporation yakni sebuah perusaahaan pupuk terbesar di Pakistan.

Saat ini, Dawood tinggal di Inggris bersama anak dan istrinya. Dia juga merupakan penduduk tetap Inggris.

3. Suleman Dawood (Anak Shahzada Dawood)

Shahzada Dawood mengajak sang putra, Suleman Dawood yang baru berusia 19 tahun dalam wisata kapal selam Titan untuk mengelilingi kapal Titanic di Samudera Atlantik.

4. Paul-Henri Nargeolet (Ahli Titanic)

Paul-Henri Nargeolet merupakan ahli Titanic. Dilansir dari Website OceanGate, Nargeolet adalah orang yang memimpin ekspedisi ke lokasi runtuhnya kapal Titanic tersebut.

Dia juga merupakan direktur penelitian bawah laut untuk RMS Titanic yaitu perusahaan Amerika yang memiliki hak penyelamatan atas bangkai kapal.

5. Stockton Rush (CEO OceanGate)

Stockton Rush merupakan CEO dari OceanGate. Dia merupakan pilot termuda dengan kualifikasi dari United Airlines Jet Training Institute pada 1981.

Dirinya lalu menjadi perwira pertama DC-8 dalam penerbangan ke Eropa dan Timur Tengah saat musim panas.

Stockton Rush mendirikan perusahaan pada tahun 2009 dan mengawasi pengembangan kerajinan kapal selam dan selanjutnya membuat kapal selam wisata Titan.