Berdasarkan laporan dinas Kesehatan kota Tangerang selatan pada minggu (6/02), kasus harian covid-19 bertambah 1.528 kasus. Dengan demikian, total kasus covid-19 di tangsel menjadi 44.292 kasus.

Lalu, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) merilis daftar obat covid-19 yang terbukti tidak ampuh. Obat-obat ini terbukti tidak bermanfaat untuk mengatasi covid-19. Dan, dalam beberapa kasus obat-obat ini justru dapat menyebabkan efek samping serius.
5 daftar obat tersebut adalah:

  1. Ivermectin
    Ivermectin sebenarnya merupakan obat untuk membunuh parasite seperti cacing dan kutu rambut. Penggunaaan obat ini untuk covid-19 berawal dari sebuah penelitian yang kontroversial. Hingga publikasi penelitian pun dicabut dan obat ini tidak disetujui WHO, FDA, dan regulator obat Uni Eropa.
  2. Klorokuin
    Klorokuin atau chloroquine biasanya digunakan untuk penyakit malaria. Sehingga penggunaan obat ini untuk covid-19 dapat membahayakan jantung.
  3. Oseltamivir
    Oseltamivir merupakan obat anti virus yang digunakan untuk influenza tipe A dan B. obat ini tidak bermanfaat untuk covid-19.
  4. Plasma Konvalesen
    Plasma konvalesen adalah metode donor plasam yang mengandung antibodi. Tetapi metode ini tidak rekomendasikan oleh WHO karena terbukti tidak memiliki manfaat untuk covid-19.
  5. Azithromycin
    Terakhir adalah azithromycin yaitu obat yang biasa digunakan untuk membunuh bakteri. Terbukti tidak bermanfaat menangani virus covid-19.

Itulah daftar obat yang tidak ampuh dalam menangani covid-19 menurut Ikatan Dokter Indonesia. Tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol yang ada.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Whatsapp Channel Tangselife di Ponsel Kamu