TANGSELIFE.COM – Kebakaran melanda kawasan pergudangan di Pantai Indah Dadap (PID), Kosambi, Kabupaten Tangerang, pada Senin 11 September 2023.

Kebakaran yang berlangsung pukul 02.10 WIB di PID menghanguskan tiga gudang, sehingga menimbulkan asap hitam naik ke langit.

Atas insiden terbakarnya pergudangan di PIB, sebanyak 6 unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk menjinakkan api di lokasi kebakaran.

Kebakaran di Kawasan Pergudangan PID

Kepala BPBD Kabupaten Tangerang, Ujat Sudrajat, menyebut laporan terjadinya kebakaran di PID diterima sekitar pukul 02.10 WIB, Senin 11 September 2023.

Sebanyak 6 unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi.

“Unit yang diterjunkan Mako 2 unit, Kosambi 1 unit, Sepatan 1 unit, Pakuhaji 1 unit, Mauk 1 unit,” ujar Ujat.

3 blok wilayah gudang yang terbakar berisikan peralatan rumah tangga, ban mobil, sampai pelampung kapal air.

“Gudang yg terbakar blok T2, T3 dan T5. Jenis yang terbakar Blok T2 (berisi) taplon alat rumah tangga, T3 (berisi) pelampung kapal air, dan T5 (berisi) gudang ban mobil,” jelas Ujat.

Salah seorang saksi bernama Oji mengatakan mulanya api muncul dari gudang pelampung kapal air.

Diduga lantaran bahan yang mudah terbakar, api cepat membesar dan merambat ke area gudang lainnya.

“Saya lagi jaga di gudang, lalu tahu-tahu ada bau gosong, yang selanjutnya muncul api. Cukup besar, di sana saya langsung lari untuk berusaha padamkan pakai APAR, tapi apinya cepat merambat,” bebernya.

Adapun petugas pemadam kebakaran BPBD Kabupaten Tangerang, Sulis, menduga kebakaran dipicu akibat adanya korsleting listrik yang menimbulkan percikan api.

“Percikan api ini mengenai bahan yang mudah terbakar. Alhasil, api langsung membesar dan merambat ke gudang lainnya,” kata Sulis.

Sampai saat ini, belum diketahui total kerugian dari kebakaran di kawasan pergudangan PID tersebut.