TANGSELIFE.COM – Kebocoran gas di pabrik es di Jalan KS Tubun, Kelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, pada Selasa, 6 Februari 2024.

Soal peristiwa kebocoran gas di pabrik es itu dibenrakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, Maryono Hasan. Dia mengatakan, peristiwa itu diketahui terjadi sekira pukul 04.15 WIB.

Akibat kebocoran gas di pabrik es itu, gas amonia yang menjadi salah satu bahan pembuat es menyebar ke sekitar area lokasi.

Akibatnya, puluhan warga yang berada sekitar lokasi kejadian langsung dievakuasi ke rumah sakit.

“Ada 55 orang yang dievakuasi ke 4 rumah sakit,” kata Maryono ketika dihubungi Tangselife.com, Selasa, 6 Februari 2024.

Maryono menjelaskan, pada saat kebocoran gas berlangsung sempat didapati adanya ledakan dan kobaran api.

Beruntung petugas yang diterjunkan langsung sigap sehingga api berhasil dipadamkan pada pukul 05.45 WIB.

“Pada pukul 05.45 baru dilakukan pendinginan karena pendinginannya yang agak lama karena mengandung gas amonia,” terangnya.

Maryono mengungkapkan untuk melakukan evakuasi dan sterilisasi di lokasi kejadian, pihaknya menerjunkan sebanyak 35 petugas dibantu dengan 4 armada dan 3 ambulance.

Maryono mengungkapkan, proses sterilisasi lokasi dari kandungan gas amonia dipastikan telah selesai sejak pukul 12.49 WIB.

“Pabriknya sudah reda, kebakarannya sudah reda dan pendinginannya juga sudah selesai. Bau dari amonia juga tidak ada, apalagi tadi diguyur hujan, mudah-mudahan clear,” pungkasnya.

Saat ini pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui pasti penyebab terjadinya kebocoran gas.

Intan
Editor
Andre Pradana
Reporter