TANGSELIFE.COM – Sejumlah wilayah di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terendam banjir usai hujan deras Jumat (5/1/2024) sore. Salah satunya Perumahan Bukit Pamulang Indah (BPI).

Banjir di Bukit Pamulang Indah itu berangsur naik dari 30 cm hingga 80 cm seiring lamanya hujan deras mengguyur.

Salah seorang warga Bukit Pamulang Indah Supardi mengatakan, banjir yang terjadi di tempatnya bermukim lebih sering terjadi sejak beberapa tahun belakangan.

Pria yang tinggal di BPI sejak tahun 2001 itupun mengungkapkan, dahulu Perumahan BPI hanya banjir dalam kurun waktu 5 tahun sekali.

“Sejak saya tinggal di Bukit Pamulang Indah, tahun 2002 itu banjir besar. Kemudian edisi lima tahunan pada 2007 baru banjir besar lagi,” kata Supardi kepada Tangselife.com, Jumat (5/1/2024) malam.

Namun Supardi menerangkan, dalam beberapa tahun terakhir justru banjir lebih sering terjadi.

“Tapi setelah itu sudah tidak lima tahunan, setiap hujan besar pasti banjir. Dalam satu tahun terakhir ini lebih sering dan lebih gede banjirnya,” terangnya.

Ia menduga banjir yang lebih sering terjadi dikarenakan maraknya pembangunan sehingga aliran sungai lebih menyempit.

“Kalau dugaan saya pembangunan sama aliran sungainya, dari Bogor sampai sini kan selalu ada pembangunan rumah. Mungkin karena aliran air ada yang tersendat sehingga air tidak mengalir lancar,” pungkasnya. (Andre)

Wivyh
Editor
Wivyh
Reporter