TANGSELIFE.COM-Mutasi dan rotasi besar-besaran terjadi terhadap ratusan pejabat eselon III dan IV Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten. 

Acara seremonial pengesahan 478 pejabat itu dilakukan oleh Pj Gubernur Banten Al Muktabar di Pendopo Gubernur Banten, Selasa 2 Mei 2023 kemarin.

Selain pejabat hasil mutasi dan rotasi, ada juga ratusan pejabat yang sudah lama menjabat dilakukan  pengukuhan dalam kegiatan tersebut.  

Perombakan dan pengukuhan besar-besaran pejabat itu dilakukan Al Muktabar di akhir masa jabatannya sebagai penjabat Gubernur Banten yang tinggal 10 hari lagi. 

Jabatan yang dimutasi tersebut terdiri dari 215 jabatan Administrator dan 263 untuk jabatan Pengawas.

Rincian untuk jenis pengangkatan baru terdapat 230 jabatan yang dikukuhkan untuk masa jabatan sebelumnya.

Lalu, sisanya sebanyak 248 jabatan lainnya merupakan hasil mutasi jabatan dari lintas struktural maupun lintas  jabatan fungsional serta promosi jabatan.

Al Muktabar mengatakan, mutasi, rotasi dan pengukuhan serta penetapan jabatan dalam sebuah organisasi merupakan hal yang biasa.

“Ada organisasi yang harus dikukuhkan dan ditetapkan hal biasa. Kita ASN menjunjung tinggi terhadap jabatan yang diberikan,” terangnya. 

Al Muktabar juga mengapresiasi dedikasi pada 478 PNS yang telah mengabdi dengan baik pada jabatan sebelumnya.

“Selamat pada tugas yang baru. Apresiasi setingginya yang telah dilakukan di tempat sebelumnya,” ungkapnya.

Salah satu yang mencolok dalam mutasi, rotasi dan pengukuhan pejabat Pemprov Banten itu adanya nama Astri Retnadiarti.

Astri Retnadiarti merupakan kakak mantan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany yang terpental dari jabatan yang dia emban saat ini. 

Dia sebelumnya menjabat  sebagai Kepala UPTD Pengelolaan Pendapatan Serpong, Bapenda Provinsi Banten atau Kepala Samsat Serpong. 

Nama Astri Retnadiarti ada dalam daftar mutasi 478 pejabat ASN Pemprov Banten yang dilakukan Pj Gubernur Banten Al Muktabar.

Untuk diketahui, Astri Retnadiarti menjabat sebagai Kepala Samsat Serpong sejak April 2018 silam. Saat itu, Astri Retnadiarti menggantikan posisi Tubagus Mochamad Kurniawan.

Tubagus Mochamad Kurniawan  dimutasi menjadi Kepala Balai Pengembangan Teknologi dan Standarisasi Industri pada Disperindag Provinsi Banten.

Sertijab jabatan Astri Retnadiarti dilakukan bersamaan pembukaan gerai pelayanan wajib pajak kendaraan bermotor Samsat Serpong di Graha Raya, Serpong Utara.