TANGSELIFE.COM– Kloter pertama jemaah haji Kota Tangerang diberangkatkan hari ini, Selasa 23 Mei 2023.

Calon jemaah haji asal Kota Tangerang sebanyak 383 orang itu akan diangkut menggunakan 9 bus saat menuju ke Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

Kelompok terbang (kloter) pertama jemaah haji asal Kota Tangerang itu tergabung dalam kloter 3 (tiga) nasional.

Tahun ini, jemaah haji Kota Tangerang berjumlah 1.652 orang yang tergabung dalam enam kloter pemberangkatan.

Untuk transportasi jemaah haji itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menyediakan anggaran Rp1 miliar dari APBD 2023.

Anggaran itu akan digunakan untuk sewa antar dan jemput jemaah haji dari Kota Tangerang ke Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

“Untuk kenyamanan jemaah haji, Pemkot Tangerang menyediakan 45 bus untuk antar jemput,” terang Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah, Selasa 23 Mei 2023.

Arief memaparkan kalau 1.652 orang jemaah haji di daerah yang dia pimpin itu akan berangkat dengan enam kloter.

Yakni, kloter 3, kloter 7, kloter 25, kloter 33 yang masing-masing calon jemaah hajinya setiap kloter berjumlah 383 orang.

Selanjutnya ada kloter 55 yang jumlah jemaah hajinya sebanyak 28 orang dan kloter 58 dengan jumlah calon haji sebanyak 92 jemaah.

“Kloter pertama itu akan diberangkatkan pada Selasa 23 Mei 2023 dan kloter terakhir akan diberangkatkan pada 14 Juni 2023,” papar Arief juga.

Terkait keberangkatan kloter perdana jemaah haji asal Kota Tangerang ini berbagai persiapan sudah dilaksanakan oleh Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji (PPIH) setempat.

Sementara itu, Kasi Haji dan Umrah Kemenag Kota Tangerang Tutun Haerul mengatakan bahwa tahun ini untuk jemaah haji disiapkan bus yang nyaman.

Bus yang disediakan Pemkot Tangerang itu berasal dari salah satu perusahaan travel terkemuka di Tanah Air.

“Jadi kami sediakan bus yang nyaman, kapasitas satu bus itu ada 45 orang. Jadi tidak terlalu sempit,” terangnya, Selasa 23 Mei 2023.

Dia juga mengatakan para jamaah haji asal Kota Tangerang juga mendapatkan konsumsi selama perjalanan di bus tersebut. 

Sebanyak 195 Calon Jemaah Haji Kota Tangerang Gagal Berangkat

Sementara itu, Kemenag Kota Tangerang mencatat ada ratusan jemaah calon haji asal Kota Tangerang yang dipastikan gagal berangkat ke Tanah Suci tahun ini.

Kasi Haji dan Umrah Kemenag Kota Tangerang Tutun Haerul Saleh mengatakan total ada 195 calon jemaah gagal berangkat.

Dari jumlah itu, sebanyak 181 calon jemaah haji tidak mampu melunasi BPIH untuk pemberangkatan 2023.

Sedangkan 14 calon jemaah haji lainnya sudah melunasi BPIH, tetapi, menunda keberangkatan ke Tanah Suci karena berbagai hal.

Tutun juga memastikan ratusan calon jemaah haji yang belum melunasi biaya masih dapat berangkat ke Makkah apabila sudah melunasi BPIH.

“Jadi, jatah porsi yang gagal berangkat tahun ini digantikan oleh 141 jemaah cadangan yang sudah melunasi BPIH,” paparnya juga.

Asrama Haji Cipondoh untuk Pemulangan Jemaah Haji Kota Tangerang

Selain penyediaan transportasi, Pemkot Tangerang juga sedang mengusahakan pemulangan jamaah haji asal kota itu bisa menggunakan Asrama Haji Kota Tangerang.

Jadi dari Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), jemaah haji asal Kota Tangerang tidak perlu lagi transit ke Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

Asrama haji Kota Tangerang yang berlokasi di Kecamatan Cipondoh itu saat ini masih dalam tahap pembangunan.

“Asrama Haji Cipondoh akan dipergunakan sebagai lokasi penjemputan kepulangan jamaah haji 2023 khususnya jamaah asal Kota Tangerang,” terang Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah

“Kalau pulangnya jemaah haji asal Kota Tangerang nggak harus ke Asrama Haji Pondok Gede dulu bisa hemat waktu dan juga tenaga 4-6 jam,” paparnya juga.