TANGSELIFE.COM-Meski puncak arus balik Lebaran 2023 sudah lewat tapi hingga kini masih banyak Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) yang belum pulang kembali mudik.

Meski begitu, pemudik yang baru balik dari kampung halaman terus mengalir ke Jabodetabek meski jumlahnya tidak terlalu padat.  

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Santyabudi mengatakan hingga kini sekitar 600 ribu kendaraan belum kembali ke Jabodetabek.

“Sampai tadi malam kita dapatkan data 600 sekian ribu yang masih belum kembali,” terang Firman saat ditemui di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Jumat, 28 April 2023.

Firman juga mengatakan pihaknya belum menemukan adanya aktivitas arus balik yang tinggi di beberapa ruas tol selama arus balik Lebaran 2023 ini.

Karena itu, dia memperkirakan mayoritas dari 600 ribu kendaraan itu pulang pada gelombang arus balik kedua, yang diperkirakan akan terjadi pada 30 April 2023 mendatang.

Guna mengantisipasi arus balik tersebut, pihaknya telah menyiapkan personel hingga skema one way atau satu arah di jalan tol jika diperlukan. 

“Pasukan kita tetap kami siagakan. Kita perkuat di jalur arteri dan jalan tol agar arus balik tetap lancar dan aman,” paparnya juga. 

Selain itu, Firman mengimbau kepada para pengendara agar tertib dan tidak saling memperebutkan jalan saat hendak balik ke rumah karena dapat memicu kemacetan.

Sedangkan PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) merilis data terbaru jumlah kendaraan yang menyeberang ke Pulau Jawa menggunakan jalur laut dari Sumatra.

Berdasarkan data H+4 atau Kamis 27 April 2023, tercatat ada 183.808 kendaraan masuk ke Pulau Jawa dari Sumatra menyeberang melalui Pelabuhan Bakuheni. 

Jumlah itu terdiri dari roda empat sebanyak 108.347 unit, lalu sebanyak 45.284 roda dua. Sedangkan untuk bus sebanyak 6.957 unit dan truk sebanyak 23.220 unit.