TANGSELIFE.COM- Penghargaan Kota Layak Anak 2023 diraih Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dari pemerintah pusat.

Penghargaan tingkat nasional itu diraih Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel untuk kategori Nindya.

Anugerah Kota Layak Anak 2023 itu diberikan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA).

Penghargaan diserahkan oleh Menteri PPPA Bintang Puspayoga kepada Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, 22 Juli 2023.

“Alhamdulillah, Kota Tangsel kembali mendapatkan penghargaan dari Kementerian PPPA sebagai Kota Layak Anak 2023 kategori Nindya,” ujar Pilar dalam keterangan resmi, Minggu, 23 Juli 2023.

Menurut Pilar juga, penghargaan Kota Layak Anak 2023 tersebut diraih berkat kerja bersama seluruh pihak di Kota Tangsel.

Dia juga mengatakan penghargaan itu berkat komitmen menghadirkan kebijakan serta program yang memberikan ruang dan pemenuhan hak-hak anak.

Pilar juga mengatakan penghargaan Kota Layak Anak 2023 ini menjadi pencetus semangat bagi jajaran Pemkot Tangsel.

Yakni, untuk terus meningkatkan fasilitas dan juga layanan bagi anak-anak yang ada di wilayahnya tersebut.

“Tujuannya bagaimana anak-anak di Tangsel bisa terus hidup layak, hidup aman, hidup sejahtera, dan juga mereka bisa berkembang dengan baik,” papar Pilar juga.

Selain itu juga, untuk mewujudkan Kota Layak Anak 2023, Pilar mengatakan kalau Pemkot Tangerang telah mewujudkan berbagai macam program.

“Mulai dari infrastruktur hingga program-program perlindungan untuk anak-anak Kota Tangsel,” lanjutnya.

Penyediaan infrastruktur untuk Kota Layak Anak 2023 itu berupa fasilitas taman bermain, serta pojok anak di rumah sakit hingga kelurahan.

“Pemkot Tangsel juga memberikan pelayanan dan pendampingan terhadap korban kekerasan dan masih banyak lagi program lainnya,” ungkap Pilar juga. 

Meski begitu, Pilar meminta agar jajaran Pemkot Tangsek untuk tidak berpuas diri dengan perolehan penghargaan tersebut.

Karena itu, dia berharap Pemkot Tangsel bisa terus mengembangkan berbagai program yang semakin baik ke depannya.

“Kami berharap ke depan, bisa meningkatkan prestasi jadi kota layak anak tingkat utama,” jelas Pilar lagi.

Dalam penghargaan itu, Kota Tangsel menjadi salah satu daerah yang meraih Kota Layak Anak tingkat Nindya dari 76 kota/kabupaten di Tanah Air.

Penghargaan Kota Layak Anak 2023 Bentuk Apresiasi Pemerintah Pusat

Sedangkan Kementerian PPPA mengatakan penghargaan bentuk apresiasi pemerintah pusat terhadap komitmen yang diberikan pemerintah daerah (pemda).

Baik itu oleh pemda provinsi, kabupaten dan kota dalam menjalankan mandat konstitusi untuk melindungi anak-anak Indonesia.

“Negara berkewajiban memenuhi semua hak, melindungi, dan menghargai pandangan anak-anak Indonesia,” ucapnya juga.

Menteri PPPA asal Bali ini juga mengatakan ada sejumlah indikator yang menjadi penilaian dalam penghargaan Kota Layak Anak 2023 tersebut.

Yakni berpedoman pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 25 Tahun 2021 tentang Kebijakan Kabupaten dan Kota Layak Anak.

“Untuk kabupaten dan kota layak anak, berbagai indikator dipantau, dicermati, dan dianalisis hingga akhirnya keluar peghargaan ini,” ungkap Bintang lagi.

Dia juga mengatakan pengembangan Kota Layak Anak memang memerlukan kolaborasi dengan berbagai pihak dan tidak bisa dilakukan oleh pemda saja.

Karena itu, Bintang berharap kepala daerah bisa berkolaborasi bersama legislatif, yudikatif, unsur masyarakat, dunia usaha, hingga media massa.

“Kolaborasi ini bertujuan agar semua yang ditargetkan untuk mencapai kabupaten atau kota layak anak,” tandasnya.