TANGSELIFE.COMKPU Tangsel telah menerima berkas persyaratan dari dua pasangan calon (paslon) yang mendaftar di Pilkada 2024.

Ketua KPU Tangsel, Muhammad Taufiq MZ mengatakan, kedua berkas tersebut masing-masing dari pasangan Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan serta Ruhamaben dan Shinta Wahyuni Chairuddin.

Ia memastikan berkas pencalonan dari kedua pasangan tersebut dipastikan telah memenuhi syarat.

“Sudah kita terima pendaftarannya untuk persyaratan pencalonan sudah kita telaah memenuhi syarat,” kata Taufiq saat menggelar jumpa pers di kantor KPU Tangsel, Kamis, 29 Agustus 2024.

Taufiq mengungkapkan, usai berkas para paslon dinyatakan memenuhi syarat, selanjutnya KPU Tangsel akan melakukan verifikasi administrasi untuk memastikan keabsahan dari data tersebut.

“Kalau untuk keabsahan nanti tentu seluruh pasangan calon ada tahapan diverifikasi administrasi maupun tes kesehatannya,” terangnya.

Taufiq memastikan bahwa Pilkada Tangsel 2024 ini kemungkinan besar hanya akan diikuti oleh dua paslon.

Pasalnya dari daftar partai politik peserta Pilkada 2024 hanya Partai Garuda yang belum menentukan sikap pilihan.

Sementara berdasarkan hasil perolehan suara sah, partai tersebut tidak memenuhi syarat untuk mengusung pasangan calon sendiri.

“Kemungkinan sih gak ada ya, karenakan 16 partai politik sudah ke pasangan calon yang satu, sementara satu partai sudah ke pasangan lainnya, jadi hanya satu partai yang belum masuk keduanya yaitu Partai Garuda,” ungkapnya.

“Dan suara sahnya kan tidak memenuhi syarat memajukan sendiri. Tetapi kan ini tahapan yang oleh KPU RI harus kita laksanakan hingga 23.59 WIB maka akan kita tutup di 23.59 WIB,” pungkasnya.

Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan sendiri menjadi pasangan pertama yang mendaftarkan diri maju Pilkada Tangsel 2024.

Dengan diiringi ribuan pendukung, pasangan petahana itu tiba di kantor KPU Tangsel sekira pukul 14.54 WIB.

Pasangan Benyamin-Pilar didukung oleh 16 partai politik. Ke-16 parpol tersebut diantaranya Golkar, Gerindra, PDIP, PKB, Demokrat, PSI, PAN, PPP, NasDem, Gelora, Ummat, PBB, PKN, Perindo, Partai Buruh dan Hanura.

Total partai yang mendukung pasangan Benyamin-Pilar seluruhnya mempunyai 41 kursi di DPRD Tangsel.

Sementara pasangan Ruhamaben dan Shinta Wahyuni Chairuddin menjadi pasangan kedua yang mendaftar ke KPU Tangsel.

Dengan menggunakan dua mobil mewah, keduanya tiba sekira pukul 17.05 WIB dengan diantar oleh ratusan pendukung.

Pasangan Ruhama-Shinta hanya diusung oleh satu partai politik yaitu Partai Keadilan Sejahtera (PKS). PKS sendiri memiliki 9 kursi di DPRD Tangsel.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Dwi Oktaviani
Editor
Andre Pradana
Reporter