TANGSELIFE.COM– Penumpang kereta api jarak jauh meningkat 22 persen pada libur panjang akhir pekan ini.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengatakan adanya kenaikan penumpang menjelang libur Hari Lahir Pancasila pada Kamis 1 Juni 2023 dan cuti bersama Hari Raya Waisak pada Jumat 2 Juni 2023.

VP Public Relations PT KAI Joni Martinus mengatakan penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) periode keberangkatan Rabu 31 Mei 2023 hingga Kamis 1 Juni 2023 mencapai 196.008 orang.

“Jumlah itu naik 22 persen dibanding pekan sebelumnya pada 24-25 Mei 2023 yang jumlahnya sebanyak 160.642 orang,” terangnya.

Joni juga mengatakan, rute favorit pilihan masyarakat pada periode long weekend awal pekan bulan Juni ini adalah Jakarta-Bandung, Jakarta-Yogyakarta.

Selanjutnya, rute Jakarta – Surabaya, Bandung – Surabaya dan sejumlah tujuan lainnya. “Kebanyakan penumpang membeli tiket PP atau pulang pergi sekaligus,” terang Joni juga.

Guna mengakomodir peningkatan volume pelanggan pada libur panjang akhir pekan ini, PT KAI menambah total perjalanan KAJJ.

“Perjalanan KAJJ kami tambah menjadi sebanyak 1.109 perjalana atau rata-rata 222 perjalanan KA per hari,” terangnya juga.

Jumlah perjalanan KAJJ itu meningkat 4 persen dibandingkan perjalanan kereta api pada pekan sebelumnya yaitu rata-rata 214 perjalanan KA per hari.

Joni juga mengatakan kalau penambahan perjalanan KAJJ itu bagian komitmen peningkatan pelayanan KAI kepada pelanggan khususnya saat high season seperti akhir pekan ini. 

Penjualan Tiket Penumpang Kereta Api Jarak Jauh Masih Dibuka

Selain itu juga, Joni menambahkan, jumlah penumpang kereta api jarak jauh masih dapat berubah dan mengalami kenaikan jelang liburan akhir pekan ini.

Lantaran masih dibukanya pemesanan tiket, baik secara online maupun pembelian tiket go show pada 3 jam sebelum keberangkatan.

Selain itu juga, PT KAI menyediakan pembelian tiket tarif khusus pada 2 jam sebelum keberangkatan KAJJ.

“Karena itu, PT KAI mengimbau pelanggan memperhatikan kembali jadwal keberangkatan kereta api yang tertera pada tiket atau e-ticket untuk keberangkatan kereta api per 1 Juni 2023,” paparnya.

Selain itu juga, PT KAI terus mengingatkan kepada seluruh pelanggan agar turun di stasiun yang tertera di tiket.

Pasalnya, jika penumpang sengaja turun melebihi stasiun yang tertera di tiket maka mereka akan diturunkan di stasiun terdekat yang lokasinya kemungkinan jauh dari akses jalan raya.

“Kondektur dibekali dengan aplikasi Check Seat Passenger sehingga mengetahui identitas penumpang, tempat duduk, dan relasi tiket yang dibeli,” katanya juga.