TANGSELIFE.COM– Jadwal Imsakiyah dan buka puasa hari ke-3 Ramadhan Tangerang Selatan tak jauh berbeda dengan jadwal di wilayah Jabodebek.

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2023 ini menjadi patokan orang yang berpuasa saat akan mulai berpuasa atau berbuka di sore hari.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas telah mengumumkan bahwa awal puasa Ramadan 1444 H jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023.

Adapun Sidang Isbat iniĀ  melibatkan beberapa lembaga dan organisasi seperti Kementerian Agama, Komisi VIII DPR, MUI, BMKG, Badan Informasi Geospasial, ahli falak, dan beberapa organisasi masyarakat Islam.

Yaqut mengumumkan jadwal Imsakiyah Ramadhan 1444 H secara resmi dalam sebuah konferensi pers di Kemenag, Jakarta Pusat pada tanggal 22 Maret 2023.

Jadwal Imsakiyah Wilayah Tangerang Selatan dan Sekitarnya

Kemenag RI sebelumnya telah menerbitkan jadwal imsakiyah Ramadan 1444 H untuk seluruh wilayah Indonesia.

Jadwal imsakiyah yang tersedia meliputi waktu imsak, waktu berbuka puasa, serta jadwal shalat selama Ramadhan 2023 untuk seluruh wilayah Indonesia, termasuk Tangerang Selatan dan sekitarnya.

Metode hisab jadwal Imsakiyah Ramadhan 1444 H/2023 seperti yang dilakukan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Penetapan jadwal Imsakiyah Ramadhan di kota-kota besar di Indonesia berlaku selama satu bulan, mulai Sabag sampai Merauke, termasuk beberapa kota hasil dari pemekaran seperti di Papua yakni Papua Barat Daya, Papua Pegunungan, dan Papua Tengah.

Metode hisab Muhammadiyah memperhitungkan posisi lintang dan bujur daerah juga memperhitungkan tinggi daerah yang dihisab. Metode ini berbeda dengan metode hisab lembaga lain yang biasanya tidak memperhitungkan tinggi daerah.

Penghitungan awal waktu subuh dan imsak sesuai dengan kriteria awal waktu subuh hasil Munas Tarjih Muhammadiyah ke-31 tahun 2020. Yaitu awal waktu subuh ditentukan ketika ketinggian matahari berada dalam posisi minus delapan belas derajat.

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1444 H/2023 Kota Tangerang Selatan tak berbeda dengan DKI Jakarta karena letak geografisnya yang berdampingan.

Bagi Tangsel People yang ingin mengetahui jadwal Imsakyah dan Buka Puasa Ramadhan 1444 H bisa mengunduh link di bawah ini :