TANGSELIFE.COMRamadan 2023 tinggal menghitung hari lagi. Karena itu kita perlu mempersiapkan hal-hal terkait Ramadan, termasuk Jadwal Imsakiyah Ramadan 2023 untuk Wilayah Tangerang Selatan dan Sekitarnya..

Bulan Ramadan adalah bulan kesembilan dalam kalender umat Islam yang disebut kalender Hijriah.

Ini merupakan waktu di mana umat Muslim yang telah baligh, mampu, sehat, dan tidak dalam perjalanan yang jauh (lebih dari 82 km) diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh.

Berpuasa di Bulan Ramadan merupakan salah satu kewajiban bagi umat Islam yang diatur secara syariat.

Pada bulan suci ini umat Muslim akan menahan diri dari makan, minum, dan aktifitas lainnya.

Mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari sebagai bentuk penghormatan dan pengabdian kepada Tuhan.

Jadwal Imsakiyah 2023 dan Salat Lima Waktu

Sebelum memulai berpuasa Ramadan, disarankan bagi umat Muslim untuk makan sahur dan menunda makan hingga mendekati waktu imsak.

Namun, terdapat batasan waktu untuk melakukan aktivitas tersebut.

Waktu imsak adalah batas waktu yang menandakan umat Muslim harus bersiap-siap untuk membersihkan diri dan menghentikan aktivitas makan dan minum.

Dengan demikian, ketika fajar terbit dan waktu puasa dimulai sesuai dengan syariat, mereka sudah siap secara mental dan fisik tanpa terburu-buru.

Meskipun tidak secara detail tertulis dalam kitab suci Al Qur’an, waktu imsak biasanya ditetapkan 10-15 menit sebelum adzan subuh.

Pada saat imsak, umat Muslim yang berpuasa diminta untuk menghentikan aktifitas makan dan minum sebagai tanda persiapan untuk memulai puasa.

Namun, sebenarnya waktu yang wajib bagi umat Muslim untuk menghentikan makan dan minum adalah saat adzan subuh berkumandang

Masyarakat dapat mengakses jadwal waktu shalat lima waktu dan waktu imsak untuk Ramadan tahun ini yang diterbitkan oleh Kementerian Agama (Kemenag).

Untuk jadwalnya bisa dilihat juga melalui laman resmi Direktorat Bina Masyarakat Islam Kemenag di https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah

Jadwal tersebut disediakan untuk memudahkan masyarakat dalam melaksanakan ibadah selama bulan suci Ramadan.

Berikut link download jadwal imsakiyah puasa Ramadan 2023 wilayah Tangerang Selatan