TANGSELIFE.COM – Masjid Al Aqsa diterobos masuk oleh puluhan pemukim Israel, mereka juga menggelar ritual Talmud di sisi timur masjid.

Peristiwa itu terjadi pada Selasa 5 Desember 2023 waktu setempat. Para pemukim ekstrimis itu menyerbu tempat suci umat Islam itu.

Dilansir dari kantor berita Palestina, WAFA, mereka juga melakukan tur provokatif di kompleks Masjid Al Aqsa.

Dalam laporan WAFA juga disebutkan peristiwa itu terjadi saat pasukan Israel memberlakukan tindakan ketat kepada warga Palestina yang ingin masuk ke dalam Masjid.

Polisi pendudukan memeriksa kartu identitas dan menahan mereka untuk sementara waktu bagi yang ingin masuk ke dalam Masjid Al Aqsa.

Terobos Masjid Al Aqsa Bukan Pertama Kalinya

Aksi pemukim ekstrimis ini bukan pertama kalinya terjadi. Kementerian Wakaf dan Urusan Islam yang bertanggung jawab atas Masjid Al Aqsa mencatat ada 22 pembobolan oleh pemukim Israel sepanjang November 2023.

Kementerian juga mencatat, pasukan pendudukan Israel mengintensifkan tindakan diskriminatif dan mencegah warga Yerusalem memasuki Masjid Al Aqsa untuk salat selama 55 hari berturut-turut.

Bahkan yang tidak kala keji ialah, Israel juga melarnag umat muslim yang ingin salat Jumat di masjid tersebut, sejak perang pecah pada 7 Oktober 2023.

Pejabat di Departemen Wakaf Islam di Yerusalem mengatakan, hanya 3.500 orang yang dapat masuk Masjid Al Aqsa untuk salat Jumat pada 2 Desember 2023.

Angka tersebut jauh dibandingkan hari Jumat biasanya yang mencapai 50.000 orang.

“Polisi Israel memberlakukan pembatasan ketat terhadap masuknya jemaah ke dalam masjid selama delapan hari Jumat berturut-turut,” ujar pejabat itu.

“Polisi Israel hanya mengizinkan orang lanjut usia memasuki masjid, dan oleh karena itu, halaman dan mushola hampir kosong selama waktu salat,” pungkasnya

Sopiyan
Editor