TANGSELIFE.COM– Simak isi materi UTBK-SNBT 2024 atau Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional yang bakal digelar pada 30 April mendatang.

Namun, untuk pelaksanaan atau jenis soal Materi UTBK-SNBT 2024 ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Pasalnya, panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (SNPMB) menjelaskan, pada SNBT 2024 ini akan akan ada beberapa model soal.

Jika tahun-tahun sebelumnya hanya ada soal pilihan ganda dan pilihan ganda kompleks, maka untuk Materi UTBK-SNBT 2024 akan menambahkan satu jenis soal baru yakni soal isian.

Hal tersebut membuat para peserta UTBK-SNBT 2024 mengalami kegusaran, mereka mengalami kebingungan mengenai apa yang dimaksud dengan soal isian tersebut.

Kegaduhan ini terlihat dari banyaknya komentar di live streaming YouTube konferensi Pers Peluncuran SNPMB 2024.

Materi UTBK-SNBT 2024 Ada Soal Isian Bukan Esai, Begini Penjelasan Panitia SNPMB.

Pernyataan Tim SNPMB 2024 mengenai soal isian yang ada di UTBK SNBT tahun ini membuat banyak peserta yang merasakan kebingungan.

Bahkan, sejumlah peserta mengira soal isian tersebut sama dengan mengerjakan esai.

Atas hal ini membuat Tjitjik Srie Tjahjandarie selaku Ketua Pelaksana SNPMB ini angkat bicara.

Tjitjik meminta agar para peserta SNPMB 2024 tidak perlu khawatir tentang soal isian tersebut, karena itu hanyalah soal isian-isian sederhana, bukan dalam bentuk esai.

“Adik-adik tidak pelu khawatir. Ini adalah soal-soal isian sederhana, bukan dalam bentuk esai yang harus mengarang, harus membuat penulisan rumus, tidak seperti itu,” ujar Tjitjik.

Tak hanya itu, dia menuturkan bahwa pengerjaan soal isian sama seperti mengerjakan soal pilihan ganda.

Jika pada pilihan ganda tersedia jawaban A,B,C,D dan peserta harus memilih salah satu, sedangkan pada soal isian peserta bisa langsung mengisi jawabannya

“Isi jawaban soal isian ini defentif. Misal setelah menghitung jawabannya 8, ya tulis 8 begitu,” jelas Tjitjik.

Hal ini bertujuan untuk melihat penalaran dari peserta Materi UTBK-SNBT 2024.

Mengenai contoh soal isian ini juga sudah dipaparkan di web resmi snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

Materi UTBK-SNBT 2024.

Tim panitia SNPMB mengungkapkan bahwa untuk materi dari Materi UTBK-SNBT 2024 tidak ada perubahan, sama seperti tahun sebelumnya.
Berikut Materi UTBK SNBT yang harus diketahui oleh para peserta UTBK 2024.

1. Tes Potensi Skolastik (TPS)

Materi yang diujikan dalam TPS ini mencakup pengetahuan kuantitatif, kemampuan penalaran umum, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Untuk waktu pengerjaan masing-masing sub materi dari TPS ini berkisar antara 15 menit hingga 30 menit.

2. Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Pada materi ini akan mengukur kemampuan peserta dalam hal memahami, menggunakan, mengevaluasi, dan merefleksikan berbagai jenis tes ntuk menyelesaikan masalah.

Waktu pengerjaan untuk literasi Bahasa Indonesia adalah 45 menit untuk 30 soal, sedangkan Bahasa Inggris 30 menit untuk 20 soal.

3. Penalaran Matematika

Materi terakhir yang diujikan adalah penalaran matematika dengan tujuan untuk menguji kemampuan berpikir peserta dalam mengunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dalam konteks yang relevan.

Waktu pengerjaan untul soal penalaran matematika adalah 30 menit.