TANGSELIFE.COM – Media asing turut menyoroti debat calon wakil presiden (cawapres) yang berlangsung Minggu 21 Januari 2024 malam.

Poin yang disorot media asing cukup berbeda dengan media asal Indonesia yang banyak menyoroti masing-masing cawapres yakni Cak Imin, Gibran Rakabuming, dan Mahfud MD, saat debat cawapres.

Media asing lebih menyoroti kebijakan yang disampaikan ketiga cawapres, salah satunya terkait hilirisasi nikel.

Media asal Jepang, Nikkei, memberitakan pembelaan cawapres Gibran Rakabuming atas strategi industri nikel ayahnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Perlombaan pemilu Indonesia memanas karena strategi nikel Jokowi, Gibran membela dorongan industrialisasi ayahnya yang dikecam saingannya sebagai ‘sembrono’,” tulis Nikkei.

Media Asing Soroti Hilirisasi Nikel

Nikkei mengatakan bahwa Jokowi telah menerapkan apa yang disebut olehnya ‘hilirisasi’ nikel sebagai sebuah inisiatif untuk membangun rantai nilai pengolahan mineral dalam negeri seiring dengan meningkatnya permintaan bahan baterai kendaraan listrik.

Alhasil, pabrik peleburan nikel yang dikendalikan oleh perusahaan China pun telah menjamur di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

“Namun operasi mereka telah menarik perhatian karena dampaknya terhadap lingkungan dan baru-baru ini juga terhadap keselamatan pekerja.”

“Ledakan pabrik peleburan di sebuah kompleks industri nikel besar di Pulau Sulawesi pada bulan Desember dilaporkan menewaskan 21 orang, sebagian besar adalah penduduk setempat,” tulis Nikkei lagi.

Nikkei menuliskan bahwa hilirisasi tersebut dijadikan ‘senjata’ Cak Imin untuk menyerang Gibran.

“Hilirisasi dilakukan secara serampangan dalam bisnis pertambangan, merusak lingkungan, menimbulkan kecelakaan, dan didominasi oleh tenaga kerja asing.”

“Gibran, putra sulung Jokowi dianggap akan melanjutkan kebijakan petahana, menanggapinya dengan mengatakan ia tidak akan pernah bosan mengadvokasi industrialisasi di sektor pertambangan dan pertanian,” tambah Nikkei.

Media Asing Turut Menyorot Food Estate

Salah satu program unggulan pemerintah terkait ketahanan pangan, yakni food estate, yang dikritik Cak Imin pun disorot.

“Kami sangat prihatin. Upaya pengadaan pangan nasional melalui food estate terbukti mengecualikan petani kita (dan) masyarakat adat, menimbulkan konflik agraria bahkan merusak lingkungan kita,” kutipan ucapan Cak Imin yang dimuat Nikkei.

Nikkei menambahkan pernyataan Mahfud MD yang sama-sama mengkritisi hal serupa dengan Cak Imin.

“Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud juga mengkritik kebijakan tersebut dengan menyebutnya sebagai kegagalan dan merugikan masyarakat,” tambah Nikkei.

Selain Nikkei, media asing South China Morning Post (SCMP) yang memuat Bloomberg juga menulis hal serupa.

SCMP mengusung judul, ‘Indonesia presidential election: Anies’ running mate, Iskandar slams Jokowi’s ‘reckless’ nickel investment policy’.

SCMP menuliskan satu dari tiga kandidat terdepan wakil presiden Indonesia menyerang kebijakan Joko Widodo yang memaksa perusahaan asing untuk berinvestasi dalam pengolahan mineral melalui larangan ekspor.

“Muhaimin Iskandar, calon wakil presiden Anies Baswedan, mengatakan apa yang disebut kebijakan hilirisasi pemerintah telah menyebabkan kerusakan lingkungan yang besar tanpa memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat setempat,” tulisnya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow