TANGSELIFE.COM- Malam Nisfu Syaban 2023 jatuh pada tanggal 7 Maret hari ini.

Menurut kalender Hijriah yang dirilis oleh Kemenag RI, malam Nisfu Syaban jatuh pada tanggal 7-8 Maret 2023.

Malam Nisfu Syaban merupakan momentum penting dalam kalender Islam karena jatuh pada pertengahan bulan Syaban yang menjadi tanda awalnya bulan Ramadan.

Umat Islam meyakini bahwa malam tersebut merupakan waktu di mana Allah SWT akan mengampuni sleuruh dosa-dosa hamba Nya yang memohon ampunan.

Selain itu, pada malam pertengahan bulan Syaban, Allah SWT juga akan mencatat segala amal baik dan buruk setiap manusia.

Al Baihaqi meriwayatkan dalam sebuah hadits bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Ketika malam Nisfu Syaban tiba, maka para malaikat memanggil untuk menyampaikan dari Allah: jika ada orang yang meminta ampun maka saya ampuni, jika ada orang yang meminta sesuatu maka aku mengabulkan permintaannya.”

Rasulullah sendiri dalam hadis riwayat ‘Aisyah menganjurkan umat muslim untuk memperbanyak puasa sunnah di bulan Syaban dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

Bahkan, dalam kisah lain yang diceritakan Aisyah, Nabi Muhammad SAW pernah berpuasa sebulan penuh dan memperpanjangnya dengan berpuasa di bulan Ramadhan.

Hal ini juga diceritakan melalui jalur Abu Salamah dan Abdullah bin Abi Qays bahwa anjuran untuk memperbanyak puasa sunnah di bulan Syaban dikarenakan bulan ini memiliki nilai kemuliaan yang tinggi, termasuk pada malam pertengahan bulan.

Oleh karena itu, umat muslim sangat dianjurkan untuk melakukan ibadah dengan sebaik-baiknya pada malam tanggal 15 bulan Syaban ini.

Pada malam tersebut, diyakini bahwa amal manusia akan diangkat ke langit Allah SWT.

Apa itu malam Nisfu Syaban? Nisfu Syaban jatuh pada tanggal 15 bulan kedelapan bulan Syaban dalam kalender Islam.

Malam Nisfu Syaban sendiri memiliki berbagai berbagai nama, seperti Laylatul Bara’ah atau Laylatun Nisfe min Syakban di dunia Arab atau juga disebut Shab-e-barat di negara-negara seperti Afghanistan, Bangladesh, Pakistan, Iran, dan India.

Nama-nama tersebut memiliki arti “malam pengampunan dosa”, “malam doa”, dan “malam pembebasan”.

Pada malam pertengahan bulan Syaban, umat muslim mengisinya dengan melakukan ibadah sepanjang malam.

Malam spesial Nisfu Syaban

Malam Nisfu Syaban dianggap sebagai malam yang sangat penting bagi seluruh umat Islam di dunia, karena terdapat berbagai kebaikan yang terkandung di dalamnya.

Menurut kitab Qut al-Qulub karya Al-Imam Abu Thalib al-Makki, para sahabat Nabi memberikan perhatian khusus pada malam di tengah bulan Syaban.

Mereka melakukan banyak amal ibadah dan kebajikan, karena malam tersebut memiliki keistimewaan yang sangat berbeda dengan malam-malam lain.

Nabi juga menjelaskan pentingnya malam khusus itu dalam sebuah hadits, dimana para sahabat menggunakannya untuk berdoa dan memohon ampunan kepada Allah.

Karena kesucian malam Nisfu Syaban, Allah mengirimkan rahmat-Nya kepada orang-orang yang memohon ampunan-Nya. Berikut keutamaannya:

1. Malam yang penuh ampunan

Malam Nisfu Syaban dikenal sebagai malam pengampunan dosa (lailu ghufran). Oleh karena itu, dianjurkan bagi orang yang merasa penuh dengan dosa dan kejahatan untuk bertobat kepada Tuhan pada malam itu. Karena pada malam penuh ampunan itu, Allah akan mengampuni segala dosa hamba-Nya.

2. Semua permohonan dan amalan dikabulkan

Malam Nisfu Syaban diyakini sebagai malam penuh kemuliaan (lailatu al qadr) dan malam yang sangat istimewa bagi umat Islam. Pada malam ini diyakini bahwa Allah SWT akan mengabulkan segala permintaan hamba-Nya yang menjalani malam dengan beribadah dan berdoa. Selain itu, pada malam ini juga ada siraman kebaikan dan keberkahan dari Allah SWT.

Oleh karena itu, disarankan bagi umat Islam untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan memperbanyak ibadah dan berdoa pada malam Nisfu Sya’ban.

Amalan malam Nisfu Sya’ban

Malam Nisfu Syaban merupakan malam yang sangat penting bagi umat muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Banyak umat muslim yang merayakannya dengan melakukan doa dan amalan tertentu, baik secara individu maupun berjamaah.

Hal ini menunjukkan betapa pentingnya malam dalam kehidupan umat Islam sebagai momentum untuk beribadah dan memperbanyak amal kebaikan. Berikut ini amalan malam menurut sunnah Nabi :

1. Baca surat Yasin sebanyak 3 kali

Salah satu amalan Nisfu Syaban yang dianjurkan untuk dilakukan adalah membaca Surat Yasin sebanyak tiga kali. Selain Surah Yasin, umat Islam juga bisa membaca surat-surat lain dari Al-Qur’an.

2. Perbanyak Sholat dan Baca Istighfar

Umat Islam disarankan untuk memperbanyak doa-doa mereka. Malam istimewa ini dipercaya sebagai waktu di mana Allah SWT turun ke dunia untuk mengampuni dosa-dosa hamba-Nya yang memohon ampunan-Nya.

3. Perbanyak Syahadat dan Salat Sunnah

Syahadat adalah ucapan mulia yang bermanfaat untuk dibaca kapan saja dan di mana saja, termasuk pada malam yang istimewa ini. Umat Islam juga dianjurkan untuk melakukan sholat sunnah, seperti sholat taubat, sholat butuh, dan sholat tahajud.

4. Perbanyak Zikir

Di malam Nisfu Syaban, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak zikir sebagai bentuk ibadah yang mendekatkan diri kepada Tuhan. Pembacaannya juga diikuti dengan salawat kepada Nabi sebanyak 100 kali dan dzikir lainnya yang ditujukan kepada Allah SWT.