TANGSELIFE.COM– Pemerintah telah mentapkan nama Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) dengan sebuatan ‘WHOOSH’.

Nama ‘WHOOSH’ disematkan usai pemerintah menjajal Kereta Cepat Jakarta Bandung tersebut.

Bukan tanpa makna, WHOOSH sendiri merupakan singkatan yang memiliki arti sesuai dengan kesan pertama dari presiden dan para menteri saat menaiki KCJB.

Nama resmi Kereta Cepat Jakarta Bandung ini diumumkan langsung oleh tim panel sayembara identitas jenama kereta api cepat Indonesia bersama dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Menurut Budi Karya, nama WHOOSH memberikan kesan unik didengar, namun juga akrab di telinga masyarakat.

“Jadi unik, saya pikir ini satu pernyataan yang menggembirakan, karena saya juga terkejut nama ini. sama terkejutnya dengan kereta yang cepat tanpa gangguan,” ujar Budi.

Lantas, apa arti dari nama WHOOSH untuk KCJB ini?

Makna dan Singkatan ‘WHOOSH’ yang Menjadi Nama Resmi Kereta Cepat Jakarta Bandung.

Ketua tim panelis penilai lomba identitas Jenama Kereta Cepat Indonesia Triawan Munaf memaparkan, WHOOSH merupakan singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal dan Sistem Handal.

Penepatan nama ‘WHOOSH’ sendiri untuk KCJB sesuai dengan kesan pertama saat mengetahui kecepatan dari kereta api cepat ini.

Selain itu, kata ‘WHOOSH’ sendiri merupakan sebuah ungkapan untuk menggambarkan kecepatan.

Dalam bahasa asing, ‘WHOOSH’ memeliki arti ‘Cepat’, maka dari pihak Kereta Api Cepat Indonesia, Menhub, dan Pemerintah akhirnya menggunakan nama resmi ini.

Menurut Triawan, pihaknya mencari nama untuk KCJB yang bisa diterima dan dimaknai untuk masyarakat internasional dan lokal.

Selain nama KCJB, Triawan mengungkapkan bahwa sedang dilakukan penilain untuk logo ‘WHOOSH’.

Nantinya, jika logo WHOOSH sudah ditentukan maka akan terpasang di gerbong kereta cepat dan mewarnai bagian interior kereta.

Pencetus Nama ‘WOOSH’ untuk Kereta Cepat Jakarta Bandung.

Menurut Menteri Perhuhungan Budi karya Sumadi memaparkan, nama KCJB ‘WHOOSH’ berasal dari pembicaraaan antar penjabat dan bentuk ungkapan kegembiraan masyarakat saat ikut uji coba.

Ketika orang yang menjajal trasnpotasi ini, pasti mencetuskan kata ‘WHOOSH’ sebagai ungkapan kegembiraan usai takjub dengan kecepatan Kereta Api Cepat Jakarta Bandung ini

Sebelum diputuskan, kata tersebut didiskusikan terlebih dahulu dengan Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Sekretariat Negara Pratikno, dan Presiden Joko Widodo.

Tak hanya itu, Budi mengatakan bahwa beberapa kali Presiden RI menyebut jika kereta sangat cepat dengan nama ‘Whoosh, whoosh”.

Dari situlah mulai didiskusikan dan dipikirkan terkait nama KCJB ini.

“Di lain waktu Pak Praktik, Pak Presiden, saya bergabung, beliau mengatakan kalu namanya cepat kan whoosh whoosh gitu kan. Dari situlah mulai kita coba,” jelas Budi.