TANGSELIFE.COM – Memasuki hari ke-4 musibah kebakaran TPA Rawa Kucing, Kota Tangerang kini aktivitas pembuangan sampah kembali berjalan. Padahal petugas masih berjibaku menangani kebakaran.

Beruntung, setelah 4 hari berlangsung petugas berhasil memadamkan kobaran api yang menghanguskan hampir seluruh are TPA Rawa Kucing.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Tihar Sopian memastikan, proses pengangkutan dan pembuangan sampah ke TPA Rawa Kucing tetap berjalan.

“Pengangkutan sampah sampai saat ini masih berjalan, walau beberapa keterbatasan tetap terjadi,” kata Tihar Sopian, Senin, 23 Oktober 2023.

Kendati demikian, Tihar menuturkan, proses pembuangan sampah ke TPA Rawa Kucing belum berjalan maksimal seperti biasa.

Jumlah armada yang bisa memasuki kawasan TPA Rawa Kucing tidak bisa banyak seperti biasa. Pasalnya, beberapa area TPA Rawa Kucing masih dalam proses pemadaman di beberapa titik.

“Antrean dibatasi, karena akses dan mobilitas petugas yang menangani api tidak boleh terganggu,” ungkapnya.

Proses pemadaman di TPA Rawa Kucing sendiri saat ini telah memasuki hari ke-4 sejak pertama kali terjadi kebakaran pada Jumat, 20 Oktober2023.

Dalam proses pemadaman di hari ke-4, petugas gabungan akan menjalan dua skenario, yaitu pemadaman menggunakan melalui udara dan darat.

Pemadaman melalui udara akan dilakukan oleh Helikopter Water Bombing bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sedangkan proses pemadaman darat akan dilakukan oleh petugas gabungan dari Pemkot Tangerang dan bekerja sama dengan tim Manggala Agni dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Tim Manggala Agni dari KLKH sendiri merupakan tim khusus yang biasa bertugas menangani kebakaran hutan serta lahan gambut disejumlah wilayah Indonesia.