TANGSELIFE.COM-Rest area jadi sarana cukup vital bagi masyarakat yang melintasi jalan tol Trans Jawa, terutama untuk istirahat usai berjam-jam berkendara. 

Terutama saat mudik Lebaran 2023 ini yang kemungkinan juga akan mengalami kemacetan. Selain itu juga, rest area jadi tempat memenuhi kebutuhan masyarakat yang hendak mudik. 

Mulai dari fasilitas makan seperti restoran, toilet, ATM, hingga pembelian BBM hingga etalase produk daerah lokal setempat. 

Tapi tidak semua rest area di jalan tol Trans Jawa memiliki SPBU. Untuk diketahui, rest area terbagi menjadi tiga, yaitu Tipe A, B, dan C. 

Karena itu, pengendara harus tahu, tak semua rest area memiliki SPBU. Rata-rata, SPBU tersedia di rest area tipe A. Rest area tipe A memiliki area lebih luas dan punya fasilitas umum yang lengkap. 

Di dalam rest area tipe A terdapat fasilitas seperti ATM, toilet, SPBU, klinik kesehatan, bengkel, mini market, musala, kios, tempat parkir, ruang terbuka hijau hingga restoran.

Ruas tol Trans Jawa yang sudah beroperasi sekarang membentang mulai dari ruas tol Merak-Tangerang, Provinsi Banten hingga tol Ngawi – Kertosono di Jawa Timur. 

Berikut ini rest area di jalan tol Trans Jawa yang tidak ada SPBU mulai dari tol Merak-Tangerang (72,5 km) hingga ruas Tol Jakarta – Tangerang (33 km) sebanyak 3 rest area tapi semuanya ada SPBU. 

Begitu juga ruas tol Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi) sepanjang 59 km yang menghubungkan Jakarta, Bogor, Cibubur, Citeureup, dan Ciawi yang memiliki 2 rest area dan semuanya ada SPBU. 

Rest area yang mulai tidak ada SPBU-nya mulai ada di ruas tol Jakarta – Cikampek (83 km) yang menghubungkan Jakarta dengan kota-kota lain di sekitar Pantai Utara (Pantura) Jawa. 

Dari 8 rest area di tol Jakarta-Cikampek ini, lima tidak memiliki SPBU. Yakni, rest area KM 32 B, Rest area KM 52 B, Rest area KM 58 B, Rest area KM 60 B, dan Rest area KM 71 B.

Selanjutnya,  ruas Tol Purbaleunyi (Purwakarta-Bandung-Cileunyi) sepanjang 123 km yang memiliki 5 rest area tapi semuanya memiliki SPBU. 

Lalu, Tol Paliman-Kanci atau Palikanci yang membentang sejauh 26,3 km. Cuma ada satu Rest area yakn di KM 208 B tapi sudah dilengkapi dengan fasilitas SPBU, toilet, rumah makan, parkir, dan musala. 

Ruas Tol Kanci – Pejagan (35 km) juga memiliki satu rest area yakni di KM 229 B tapi sudah memiliki SPBU dan fasilitas lainnya. 

Utuk dua rest area di Tol Pejangan-Pemalang semuanya sudah ada SPBU dan fasilitas lainnya. Begitu juga ruas tol Batang Semarang yang ada 2 rest area tapi sudah dilengkapi SPBU.

Untuk Ruas Tol Semarang – Solo (73 km) yang menghubungkan Semarang, Salatiga, Boyolali, dan Karanganyar ada tiga rest area tapi semuanya sudah ada SPBU. 

Ruas Tol Solo – Ngawi sepanjang 91 km yang jadi penghubung utama antara provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur terdapat tiga rest area. Cuma Rest area KM 538 B yang tidak ada SPBU-nya. 

Ruas Tol Ngawi – Kertosono  (87 km) ini terdapat tiga rest area. Dari tiga rest area itu, hanya satu yakni rest area KM 597 B yang belum ada SPBU-nya. 

Ruas Tol Surabaya – Mojokerto (36 km), Tol Surabaya-Gempol (45 km) dan ruas tol Gempol – Pasuruan (34 km) masing-masing terdapat satu rest area dan semuanya sudah ada SPBU-nya. 

Begitu juga ruas tol Pasuruan – Probolinggo (44 km), ruas tol paling barat Trans Jawa hanya ada satu rest area yakni KM 833 B tapi sudah ada  SPBU dan fasilitas lainnya. 

 

Lokasi Rest Area Tol Trans Jawa yang Ada SPBU

1.  Dari Arah Jakarta:

-Merak-Tangerang: KM 43 B 

– Jakarta-Tangerang: KM 13A

– Jakarta-Cikampek: KM 19A, KM 33A (SPBU modular), KM 39A, KM 57A

– Cipularang-Padaleunyi: KM 72A, KM 88A, KM 147A

– Palimanan-Kanci: KM 207A

– Batang-Semarang: KM 379A, KM 391A

– Semarang-Solo: KM 429A

– Solo-Ngawi: KM 519A, KM 538A (SPBU modular), KM 575A

– Ngawi-Kertosono: KM 597A (SPBU modular)

– Mojokerto-Surabaya: KM 725A

– Surabaya-Gempol: KM 754A

– Gempol-Pasuruan: KM 792A (SPBU modular)

– Pandaan-Malang: KM 66A (SPBU Modular).

2. Menuju Arah Jakarta

-Merak-Jakarta: KM 68 B

– Jakarta-Tangerang: KM 14B

– Jakarta-Cikampek: KM 6B, KM 42B, KM 52B (SPBU modular), KM 62B

– Cipularang-Padaleunyi: KM 72B, KM 88B, KM 97B, KM 125B, KM 149B

– Palimanan-Kanci: KM 208B

– Batang-Semarang: KM 360B, KM 389B

– Solo-Ngawi: KM 519B, KM 538B (SPBU modular), KM 575B

– Ngawi-Kertosono: KM 597B (SPBU modular)

– Surabaya-Gempol: KM 753B

– Gempol-Pasuruan: KM 792B (SPBU modular)

– Pandaan-Malang: KM 66B (SPBU modular).