TANGSELIFE.COM– Perayaan malam tahun baru 2024 di Tangerang Selatan meninggalkan 90 ton sampah, berdasarkan data yang tercatat di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel.

Kepala DLH Kota Tangsel, Wahyunoto Lukman mengatakan, sebelum pergantian malam tahun baru 2024 sampah di Kota Tangsel mengalami penurunan, pasalnya beberapa warga disinyalir meninggalkan Kota Tangsel untuk liburan atau mudik pada liburan panjang akhir tahun.

Namun pada malam puncak pergantian tahun sampah kembali meningkat karena banyaknya aktivitas yang dilakukan untuk merayakan malam tahun baru.

“Di puncak malam tahun baru karena ada perayaan-perayaan tahun baru dan banyak perkumpulan-perkumpulan massa tentu ada peningkatan sampah, tapi tidak signifikan” kata Wahyunoto Lukman.

Wahyunoto menuturkan, sampah pada perayaan malam tahun baru 2024 di Tangerang Selatan mencapai 90 ton.

“Kalau biasanya sampah di Tangsel kurang lebih 900 sampai 1000 ton sehari, bisa nambah sekitar 5 sampai 10 persen karena acara puncak malam tahun baru,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Persampahan DLH Kota Tangsel, Rastra Yudhatama mengatakan, sampah yang dihasilkan pada malam tahun baru di dominasi oleh sampah rumah tangga.

Yudha menyebut, untuk membersihkan tumpukan sampah pasca perayaan malam tahun baru 2024 di Tangerang Selatan, pihaknya mengerahkan 80 petugas kebersihan.

Selain itu 10 armada pengangkut juga dikerahkan untuk mengangkut tumpukan-tumpukan sampah.

“Sampah makanan atau sampah rumah tangga mendominasi, karena mungkin bekas acara perayaan tahun baru,” terangnya.

“Untuk membersihkan sampah kita kerahkan 80 petugas kebersihan dibantu dengan 10 armada untuk mengangkut sampah,” pungkasnya.

 

Reporter: Andre Pradana