TANGSELIFE.COM – Perumahan Pesona Serpong, Kecamatan Setu kembali terendam banjir, kali ini banjir terjadi karena luapan Sungai Cisadane, yang berbatasan langsung dengan perumahan tersebut.

Air yang meluap itu terjadi sekitar pukul 01.20 WIB, Rabu, 22 November 2023, sehingga warga pun langsung menghubungi petugas.

“Laporan yang masuk kepada kami, banjir mulai terjadi sekitar pukul 01.20 dini hari, mendapatkan laporan ini petugas langsung ke lokasi dan membawa perahu karet,”ujar Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Tangsel.

Akibat luapan air itu, banjir yang terjadi di kawasan perumahan itu, mencapai 60 centi meter.

Hingga pada pagi hari pun, warga yang hendak berangkat kerja sedikit terhambat, lantaran tidak bisa mengeluarkan kendaraannya.

Petugas BPBD setempat pun, mengerahkan perahu karet untuk membantu warga yang hendak bekerja ataupun mengungsi ke rumah sanak keluarga.

“Total itu, ada 177 kepala keluarga yang terdampak banjir ini. Sebenarnya sudah ada yang mengungsi sementara sejak dini hari, dengan dibantu oleh petugas,”ujar Faridzal.

Faridzal mengatakan, untuk jumlah korban yang terdampak banjir itu, berada di RW 08, antara lain di RT 01 sebanyak 65 KK, RT 02 sebanyak 65 KK dan RT 03 sebanyak 52 KK. Sehingga total ada 177 KK atau 885 jiwa.

“Dipastikan tidak ada korban jiwa, petugas pun masih siaga di lokasi,”katanya.

Pesona Serpong Kerap Banjir

Perumahan Pesona Serpong Kecamatan Setu ini, memang kerap dilanda banjir, posisinya yang tepat di badan sungai membuat perumahan itu dengan cepat terendam ketika sungai meluap.

Bahkan, pada tahun 2020, perumahan tersebut terendam hingga 4 meter atau setinggi atap rumah warga.

Sehingga, ketika sudah masuk musim hujan, banyak warga yang lebih memilih waspada dan enggan berdiam di rumah.

Sopiyan
Editor