TANGSELIFE.COM – Bakal Calon (Bacalon) Gubernur Banten Airin Rachmi Diany gagas program Banten Cerdas, dalam kampanyenya di Pilkada Banten.

Program Banten Cerdas ini merupakan upaya Airin untuk pemerataan pendidikan di Banten jika nanti terpilih menjadi Gubernur Banten.

Dalam Pilkada Banten kali ini, diketahui Airin berpasangan bersama Ade Sumardi dari PDI Perjuangan.

“Ad 12 program prioritas untuk membangun Banten yang kamu gagas. Di bidang pendidikan, kami memiliki strategi menciptakan pendidikan berkeadilan yang lebih menjamin pemerataan akses pendidikan bagi seluruh masyarakat Banten dengan kualitas yang lebih baik. Tak hanya soal konsep pendidikan gratis, juga isu tenaga pendidik serta infrastruktur pendidikan lainnya,” ujar Airin.

Lebih lanjut Airin mengatakan, saat ini meskipun rata-rata lama sekolah di Banten mencapai 9,15 tahun, di atas rata-rata nasional 8,77 tahun.

Namun, menurut Airin masih terdapat kesenjangan antara daerah terlalu tinggi

“Dari data yang ada rata-rata lama sekolah terendah di Kabupaten Lebak 6,6 tahun. Sementara tertinggi di Kota Tangerang Selatan 11,85 tahun. Ini menjadi perhatian kami dan tentu seluruh pemangku kepentingan pendidikan di Banten,” ujarnya.

Melihat masih adanya kesenjangan pendidikan di Banten, maka program Banten Cerdas yang digagas Airin-Ade tidak hanya fokus pada konsep sekolah gratis, tetapi juga menyediakan beasiswa untuk menunjang kebutuhan para siswa.

“Sekolah sudah gratis melalui program Bantuan Operasional Sekolah, maka tugas kita depan, berikan beasiswa untuk menunjang kebutuhan para siswa,” ungkapnya.

Selain fokus pada siswa, Airin juga menaruh perhatian pada peningkatan kualitas guru. Data menunjukkan bahwa 33 persen guru belum bersertifikasi dan 2,63 persen belum menempuh sarjana.

“Untuk guru kita tingkatkan kualitasnya dengan pelatihan. Juga menyediakan beasiswa bagi anak-anak berprestasi untuk kuliah,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Sopiyan
Editor
Sopiyan
Reporter