TANGSELIFE.COM – Hujan yang mengguyur Kota Tangerang sejam Jumat, 22 Maret 2024 dini hari, membuat sejumlah titik banjir di Kota Tangerang.

Hingga siang tadi, banjir yang terjadi di beberapa titik dengan ketinggian 50 cm.

Menghadapi banjir di Kota Tangerang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) pun bereaksi cepat.

Kepala BPBD Kota Tangerang Maryono Hasan mengatakan, lima titik tergenang ialah wilayah Kampung Rawa Bokor dengan ketinggian 50 cm, Jalan Husein Sastra Negara ketinggian 30 cm, Jalan Raya Prancis ketinggian 30cm, Duta Garden Residence ketinggian 40 cm, dan Kedaung Baru dengan ketinggian 30 cm.

Selain itu, terjadi juga di Jalan Utama Danau Situ Bulakan ketinggian 10 cm dan Kedaung Baru Kecamatan Neglasari dengan ketinggian 10 cm.

Sedangkan Jembatan Alamanda Kecamatan Periuk terpantau aman.

“Kami telah mengerahkan petugas kami untuk turun ke lapangan dan membantu masyarakat,” ujarnya.

“Dalam pelaksanaanya kami juga berkolaborasi dengan PUPR dan DLH untuk memastikan seluruh drainase atau pompa air aktif dengan baik. Sehingga, air dapat surut dengan cepat,” tambah Maryono.

Maryono mengatakan, BPBD bersama Disbudpar Bidang Pertamanan juga telah melakukan penanganan pohon tumbang di Jalan Perum Banjar Wijaya RT 02, RW 02, Kelurahan Poris Plawad, Kecamatan Cipondoh.

“Tidak ada korban dalam peristiwa banjir dan pohon tumbang. Hanya saja aktivitas masyarakat terganggu,” ujarnya.

“Untuk penanganan difokuskan pada penyedotan genangan dan membantu mobilitas warga. Selebihnya berkoordinasi dan melakukan monitoring titik rawan genangan dan banjir. Jika cuaca cerah, dalam waktu sebentar semua kondisi wilayah di Kota Tangerang akan kembali normal,” tambahnya.

Untuk kondisi akhir, Bendungan Katulampa kondisi normal 36cm, Batu Beulah kondisi normal tengah 2.28meter, Bendungan Pasar Baru normal 10.57meter, Pasar Angke Hulu Siaga Tiga 208cm.

“Masyarakat Kota Tangerang yang membutuhkan bantuan terkait bencana dan kejadian kegawatdaruratan, BPBD Kota Tangerang memiliki layanan emergency di call center 112 dan nomor piket BPBD 24 jam di 021-5582-144,” pungkasnya.

Sopiyan
Editor