TANGSELIFE.COM – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi timbulnya potensi kebakaran.

Sekretaris Damkar Kota Tangsel, Sigit Widodo, mengatakan, musim kemarau berkepanjangan yang melanda Tangsel belakangan ini memicu potensi kebakaran.

Kebakaran dalam minggu-minggu ini sering sekali terjadi, hampir setiap hari, karena panasnya sangat terik,” kata Sigit Widodo saat dikonfirmasi, Jumat 29 September 2023.

Masyarakat Kota Tangsel Diimbau Waspada Potensi Kebakaran

Sigit mengungkapkan, dalam beberapa hari belakangan saja pihaknya selalu mendapatkan adanya laporan kejadian kebakaran di lingkungan masyarakat.

Potensi paling besar terjadinya kebakaran, dikatakan Sigit, ditenggarai adanya aktivitas pembakaran sampah oleh masyrakat.

Terlebih, lanjutnya, saat ini banyak tumbuhan yang mengalami kekeringan sehingga mempercepat terjadinya kebakaran.

“Banyak orang awalnya bakar sampah tapi lama kelamaan apinya membesar,” terang Sigit.

“Sampai saat ini sampah paling besar berpotensi (jadi pemicu kebakaran), ditambah beberapa lahan sedang kering jadi mempercepat terjadinya kebakaran,” lanjutnya.

Karena itu, ia mengimbau masyarakat agar mengantisipasi potensi kebakaran di tengah musim kemarau berkepanjangan seperti sekarang ini.

“Saya sudah melakukan imbauan kepada masyarakat melalui RT dan RW serta relawan kebakaran.”

“Kami mengingatkan untuk berhati-hati karena saat ini musim kering, sangat besar potensinya terjadi kebakaran,” tandasnya.

 

Reporter: Andre Pradana

Dien
Editor