TANGSELIFE.COM – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menemui Presiden International Olympics Committee Thomas Bach (IOC).

Pertemuan Prabowo Subianto dengan Presiden IOC Thomas Bach dilakukan saat kunjungan kerja di Paris, Prancis, pada Sabtu, 27 Juli 2024.

Presiden terpilih periode 2024-2029 itu tampak didampingi oleh Menteri BUMN Erick Thohir serta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo.

Erick Thohir menyebutkan, pertemuan Prabowo dengan Thomas Bach salah satunya membahas soal potensi Indonesia untuk bisa menjadi tuan rumah pagelaran olahraga level internasional.

“Kami menjelaskan tentang potensi Indonesia untuk bisa menjadi tuan rumah event-event olahraga level internasional termasuk Olimpiade di masa depan,” tulis Erick di akun Instagram @erickthohir.

Menurut Erick, agenda tersebut didorong oleh kecintaan Prabowo terhadap dunia olahraga.

“Kecintaan Pak Prabowo terhadap olahraga membuat beliau ingin melihat Indonesia kembali menjadi panggung untuk event level dunia.”

“Kalau ada niat, pasti ada jalan. Bismillah,” tutup Ketua PSSI tersebut.

Prabowo Ingin Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036?

Erick Thohir turut menyoroti rekam jejak Indonesia sebagai tuan rumah acara olahraga internasional.

Sebut saja World Superbike dan MotoGP di Mandalika, Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, ASEAN Para Games 2022 di Solo, Piala Dunia U-17 2023 di Jakarta, serta Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023 di Jakarta.

“Semangat Pak Prabowo untuk olahraga memacu visi beliau agar Indonesia bisa kembali menjadi tuan rumah ajang global,” tulis Erick.

Saat ini, sudah ada sejumlah negara yang menyatakan minat untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2036 antara lain Mesir, Qatar, Turki, dan India.

Menurut situs web IOC, tuan rumah Olimpiade 2036 akan dipilih setelah penyelenggaraan Olimpiade tahun ini.

Adapun untuk 2028, Kota Los Angeles di Amerika Serikat (AS) yang akan didapuk menjadi tuan rumah Olimpiade.

Sementara Kota Brisbane di Australia akan menjadi tuan rumah pada tahun 2032.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Dien
Reporter