TANGSELIFE.COM- Berikut ini adalah prediksi jalur Puncak Bogor padat akhir pekan ini.

Polisi kembali memberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way ke Jakarta, pada hari libur panjang yang merupakan Hari Buruh Nasional pada Sabtu (29/4/2023) siang.

Rekaya satu arah ini dibuat untuk memperlancar kepadatan arus kendataan kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat.

Pemberlakukan one way ini dilakukan dari arah Puncak Pass, Cinajur sampai KM 48+200 Simpang Gadong, Ciawi, ke arah ke bawah atau ke Jakarta.

Para petugas yang berada dilokasi menfokuskan arus kendaraan ke arah Jakarta sehingga pengendara yang hendak ke atas dihentikan sementara dengan menggunakan water barrier.

Sebelumnya, Jasa Marga telah memberhentikan rekayasa lalu lintas contraflow di Tol Jagorawi dari Bogor ke arah Jakarta pada Rabu (26/4/2023).

Hal tersebut karena lalu lintas di Jalan Raya Puncak terpantau ramai lancar.

Rekayasa lalin kembali diberlakukan karena hari ini arus kendaraan menuju Puncak, Bogor mengalami peningkatan.

Rekaya lalin tersebut diberlakukan mulai dengan menutup arus kendaraan yang hendak ke atas Puncak di pintu keluar GT Tol Ciawi seputaran Simpang Gadong atau Jalan Ciawi.

Berdasarkan laporan, KBO Sat Lantas Polres Bogor, Iptu Ardian Noviantasari mengatakan, hingga siang tadi tercatat sudah ada 20.000 kendaraan dari arah Jakarta menuju kawasan Puncak melewati exit GT Ciawi.

“Masih terjadi peningkatan karena masa liburan masih kental sekali, terutama saat ini long weekend, sehingga memang arusnya arus wisata dan barangkali memang masih dalam rangka libur lebaran,” ucap Ardian, Sabtu (29/4/2023).

Ardian menambahkan saat ini masih diberlakukan sistem satu arah atau one way menuju Jakarta. Rekayasa dilakukan hingga kepadatan arus kendaraan menuju Jakarta kembali lancar.

“Saat ini one way arah bawah atau arah Jakarta masih berlangsung. Kami masih menunggu arus kiriman dari Cianjur, terlebih di titik-titik hambat seperti Pasar Cisarua dan Megamendung, apabila sudah kondusif kemungkinan kita akan normalkan kembali arusnya jadi dua arah,” kata Ardian.

Ardian juga mengungkapkan bahwa arus kendaraan yang melintas didominasi oleh wisatawan yang melanjutkan libur lebaran ke libur panjang akhirpekan yang bertepatan tanggal merah Hari Buruh Nasional.

Oleh sebab itu, Ardian menambahkan bahwa pihaknya sudah melakukan one way ke arah atas Puncak Bogor mulai Sabtu pagi sekitar puku 06.45 WIB.

“Kepadatan masih relatif sama di beberapa titik seperti Pasir Muncang, Simpang Megamendung dan Pasar Cisarua. Kami pantau arus kendaraan yang menuju ke atas memang cukup meriah sekali, arus ke atas tidak henti-henti dan tidak putus-putus sehingga kami berlakukan one way lebih awal tadi pagi,” ungkapnya.