TANGSELIFE.COM – Pertemuan Presiden Jokowi dengan Joe Biden di Gedung Putih, Washington DC, pada Senin, 13 November 2023, menjadi momen untuk menyampaikan pesan khusus kepada Presiden Amerika Serikat (AS) itu.

Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi meminta secara khusus, agar AS mengambil tindakan dan menghentikan kekejaman Israel di Jalur Gaza, Palestina.

“Indonesia meminta AS untuk berbuat lebih banyak menghentikan kekejaman di Gaza. Gencatan senjata adalah suatu keharusan demi kemanusiaan,” kata Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengulangi poinnya mengenai perlunya gencatan senjata, bantuan kemanusiaan yang harus dipercepat dan diperbanyak.

Serta perundingan damai yang harus segera dimulai, dan permintaan agar fasilitas publik dan kegiatan kemanusiaan tidak boleh menjadi sasaran serangan.

“Israel harus bertanggung jawab atas kekejaman yang dilakukan,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi-Joe Biden Juga Bahas Kerjasam Ekonomi

Presiden Jokowi
Pertemuan Bilateral antar Indonesia dengan Amerika Serikat, Senin, 13 November 2023.

Selain menyampaikan pesan terkait konflik di Gaza, Jokowi juga menyampaikan bahwa AS merupakan mitra penting bagi Indonesia.

Sehingga kedua kepala negara sepakat untuk terus tingkatkan kemitraan menjadi Comprehensive Strategic Partnership (CSP).

“Namun yang paling penting adalah kita harus benar-benar mengartikannya karena bagi Indonesia kerja sama ekonomi adalah prioritas, termasuk dalam masalah rantai pasok,” kata Jokowi.

Sementara Joe Biden menyampaikan kerja sama antar dua negara tersebut, semakin meningkat menjadi kemitraan strategis yang komprehensif.

Hal itu juga disebut menandakan era baru kerja sama antar kedua negara dalam berbagai bidang.

“Termasuk di dalamnya adalah peningkakan kerja sama kita dalam hal keamanan,” ucap Biden.

Yang tidak kalah penting kerja sama antar dua negara tersebut, yaitu membangun rantai pasok yang aman hingga penanggulangan krisis iklim.

“Termasuk memperluas kerja sama dalam membangun rantai pasokan yang aman, serta kolaborasi lebih dalam menanggulangi krisis iklim,” kata Biden.

Karena bagi Biden, Indonesai memiliki peran yang penting dalam transisi energi bersih.

Ia berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama antara Amerika Serikat dengan ASEAN guna memajukan kawasan Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, dan makmur.

Sopiyan
Editor