TANGSELIFE.COM – Presiden Joko Widodo atau Presiden Jokowi bakal merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah di Jakarta. 

Bahkan, Presiden Jokowi bakal menggelar open house lebaran di Istana Kepresidenan Jakarta, pada Rabu, 10 April 2024.

Diketahui, Presiden Jokowi tahun ini bakal merayakan Idul Fitri terakhir sebagai presiden Indonesia setelah berkuasa dua periode.

Bahkan, ini jadi kali pertama Presiden Jokowi merayakan lebaran di Jakarta setelah sebelumnya menghabiskan waktu lebaran di Solo.

Presiden Jokowi bakal menggelar open house lebaran yang akan dihadiri oleh para menteri di Kabinet Indonesia Maju (KIM). Momen ini, seolah jadi isyarat perpisahan sebelum Jokowi lengser dari jabatannya.

Tetapi, selain para menteri, open house di istana presiden itu juga digelar secara terbuka untuk masyarakat umum yang ingin bersilaturahmi dengan Presiden Indonesia secara langsung.

Terkait hal itu, dijelaskan oleh Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Mohamad Yusuf Permana. Menurutnya, sesuai namanya, kegiatan open house terbuka untuk masyarakat umum.

“Rencana kita mulai open house untuk pejabat dan masyarakat di hari Rabu, 1 Syawal pukul 09.00 WIB. Namanya open house tidak pakai undangan. Pejabat dan masyarakat bisa datang langsung,” katanya kepada wartawan.

Meski terbuka untuk umum, tetapi pihak sekretariat kepresidenan bakal menerapkan sejumlah syarat tertentu agar pelaksanaan open house antara presiden dan rakyatnya berjalan lancar dan aman.

Syarat Open House Lebaran Presiden Jokowi

  • Taat dan Tertib mengikuti aturan Istana Negara
  • Diperkenankan memakai pakaian bebas yang rapi
  • Dilarang memakai celana berbahan jeans
  • Diwajibkan memakai sepatu.

Soal rencan aopen house lebaran Presiden Jokowi itu, sebelumnya dibocorkan oleh Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Dia menuturkan, bakal ikut berlebaran dengan Presiden Jokowi dan melaksanakan Shalat Idul Fitri di Masjid Istiqlal Jakarta.

Bahlil menyebut, usai Shalat Idul Fitri, Presiden Jokowi direncanakan bakal menggelar open house.

“Setelah shalat di Istiqlal, kami akan open house di sini,” kata Bahlil di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin, 8 April 2024.

Bahlil menuturkan, selama 4 tahun terakhir di peride keduanya, Presiden Jokowi tak pernah lebaran di Jakarta bahkan menggelar open house.

“Ini hari raya terakhir di masa kepemimpinann beliau di periode kedua,” tutur Bahlil.

Bahlil menyebut, selain dirinya, open house dan lebaran Presiden Jokowi itu juga akan didampingi para menteri di Koalisi Indonesia Maju.

Sedangkan soal kemungkinan Jokowi bertemu dengan Mantan Presiden Megawati Soekarno Putri, belum dapat dipastikan.

Menurutnya, jika pun pertemuan tersebut terjadi, merupakan pertemuan antar tokoh-tokoh bangsa.

“Mereka sesama tokoh bangsa. Kalau ketemu ya bagus,” ungkap Bahlil.

Intan
Editor
Intan
Reporter