TANGSELIFE.COM – Jelang pendaftaran calon kepala daerah, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memutuskan membangun poros ketiga dengan mengusung kadernya sendiri di Pilkada Tangsel 2024.

DPP PKS memutuskan mengusung pasangan Ruhamaben-Shinta Wahyuni Chairuddin.

Surat rekomendasi dan formulir B1 KWK Parpol pun sudah diberikan kepada Ruhamaben-Shinta pada Senin, 27 Agustus 2024.

Dengan majunya kedua kader internal tersebut, surat rekomendasi yang sebelumnya telah diberikan PKS untuk Riza-Marshel Widianto jadi tidak berlaku lagi.

Profil Ruhamaben-Shinta

Ruhamaben sendiri merupakan kader PKS yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris DPW PKS Provinsi Banten.

Sebelumnya pria kelahiran 29 Desember 1964 itu pernah tercatat Ketua DPD PKS Kabupaten Tangerang pada tahun 2006-2009.

Setelah adanya pemekaran wilayah Tangsel, Ruhamaben duduk sebagai Wakil Ketua DPRD Tangsel pada periode 2010-2014.

Seusai menyelesaikan amanahnya di bidang politik, Ruhamaben langsung menekuni bisnis dengan menjabat sebagai Direktur Keuangan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Tangsel yaitu PT PITS hingga tahun 2020.

Pada saat itu ia memilih mundur dari BUMD PT PITS setelah mendapatkan tugas kembali dari partai PKS untuk maju dalam Pilkada Tangsel 2020.

Pada Pilkada Tangsel 2020 lalu, Ruhamaben mendampingi anak Wakil Presiden Ma’ruf Amin yaitu Siti Nur Azizah.

Pasangan tersebut diusung oleh empat partai di antaranya PKS, Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan dan Persatuan (PKP).

Dari tiga pasangan yang berkompetisi, pasangan Azizah-Ruhamaben berada di posisi paling bawah dengan memperoleh 134.672 suara.

Sementara pesaingnya, Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan berhasil memperoleh 235.734 suara, dan pasangan Muhammad dan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo memperoleh 205.309 suara.

Pada kontestasi Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 kemarin, Ruhamaben turut bertarung dalam perebutan kursi DPRD Provinsi Banten dari dapil Banten 9 meliputi Kota Tangsel.

Namun ia gagal melanggeng ke DPRD Provinsi Banten untuk Periode 2024-2029 setelah hanya mendapatkan 12.617 suara sah.

Adapun bakal calon Wakil Wali Kota Tangsel, yaitu Shinta Wahyuni Chairuddin, merupakan politisi PKS yang saat ini menjabat sebagai anggota DPRD Tangsel periode 2019-2024.

Pada Pileg 2024, Shinta kembali mencalonkan diri menjadi anggota DPRD Tangsel dari daerah pemilihan (Dapil) II Tangsel meliputi wilayah Kecamatan Pamulang.

Namun ia dinyatakan tidak lolos karena memiliki perolehan suara lebih sedikit dari dua politisi PKS lainnya.

Berdasarkan rekapitulasi yang dilakukan oleh KPU Tangsel, Shinta hanya berhasil mengumpulkan 5.562 suara sah.

Shinta Wahyuni Chairuddin memiliki latar belakang sebagai Dokter Kecantikan.

Wanita kelahiran 13 Januari 1976 itu meraih gelar Dokternya di Universitas Yarsi Jakarta.

Ruhamaben-Shinta Maju Pilkada Tangsel 2024

Ruhamaben ketika dihubungi menyatakan bahwa majunya ia bersama Shinta Wahyuni Chairuddin di Pilkada Tangsel 2024 merupakan tugas dari DPP PKS.

Menurutnya keputusan PKS memilih untuk mengusung dirinya sendiri tak terlepas dari dorongan kader dan simpatisan partai yang ada di Kota Tangsel.

Terlebih, dengan adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang persyaratan ambang batas pencalonan semakin membuka lebar kesempatan PKS untuk mengusung kandidat tanpa harus membangun koalisi.

“Saya sudah ke DPP, hasilnya diminta maju di Tangsel, Insya Allah bismillah. Iya sudah (menerima rekomendasi dan B1 KWK Parpol), jadi tinggal didaftarkan saja,” kata Ruhamaben, Senin, 26 Agustus 2024.

“Dari grassroot (masyarakat lapisan bawah, red) dan arus bawah, bahkan mungkin masukan juga dari PKS luar Tangsel juga, jadi ada kerisauan kenapa kita gak mengajukan kader padahal suaranya besar 9 kursi dan kita bisa nyalonin,” ungkapnya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Dien
Editor
Andre Pradana
Reporter