TANGSELIFE.COM – Provinsi Banten pada hari ini, Rabu 4 Oktober 2023, genap berusia ke-23 tahun.

Banyak harapan masyarakat yang belum terpenuhi oleh Provinsi Banten.

Seperti disampaikan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan H Pilar Saga Ichsan.

Di usia Provinsi Banten menuju seperempat abad, Pilar berharap daerah itu mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakatnya sesuai harapan.

“Tentu saja sebagai masyarakat Provinsi Banten, saya bisa dibilang putra daerah berharap bahwa Banten semakin berkembang, maju, dan membawa masyarakatnya lebih sejahtera lagi,” kata Pilar ditemui di Puspemkot Tangsel pada Rabu, 4 Oktober 2023.

Namun, faktanya masih banyak persoalan yang dihadapi dan masih menjadi pekerjaan rumah Provinsi Banten.

Pilar menyinggung soal angka pengangguran hingga infrastruktur yang justru menjadi kebutuhan sangat mendasar.

“Banyak (yang belum maksimal), terkait masalah pengangguran, masalah ekonomi, pendidikan, kesehatan termasuk infrastuktur,” kata Pilar.

Menurut Data Pusat Statistik yang dirilis per Februari 2023, Provinsi Banten menempati urutan tertinggi jumlah pengangguran tingkat nasional.

Total jumlah pengangguran di Indonesia pada Februari 2023 sebanyak 7,99 juta orang atau 5,45 persen.

Meski angka itu turun sebesar 5,83 persen dari data BPS tper Februari 2022.

Dari jumlah itu, Provinsi Banten berada di urutan teratas sebesar 7,97 persen, menyusul Provinsi Jawa Barat sebesar 7,89 persen, dan Provinsi Kepulauan Riau sebesar 7,61 persen.

“Provinsi Banten ini yang harus kita kembangkan supaya bisa menjadi provinsi yang membanggakan di Indonesia,” tambahnya.

Provinsi Banten Perlu Kolaborasi dengan Kota/Kabupaten

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Pilar Saga Ichsan, mengatakan, Provinsi Banten perlu kolaborasi kota dan kabupaten yang ada dalam naungannya.

“Bukan hanya tugas Pemprov Banten saja tapi semua Kota dan Kabupaten harus berjuang untuk bisa memberikan kesejahteraan kepada masyarakat,” tegasnya. (Andre Pranata)

Moh Abror
Editor