TANGSELIFE.COM – Ribuan polisi dikerahkan untuk mengamankan malam tahun baru 2024 di wilayah Tangerang Raya. Mereka disebar ke sejumlah titik keramaian perayaan malam tahun baru 2024.

Di Kota Tangerang, ada 1.446 personel yang dikerahkan Polres Metro Tangerang Kota. Mereka merupakan gabungan dari Satpol-PP, Dishub dan instansi lain yang terkait pengamanan tahun baru 2024.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho menerangkan, ribuan personel itu akan dikerahkan disejumlah keramaian seperti mall hingga area wisata.

“Pengamanan akan dilakukan di wilayah hukum di Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang. Ada sejumlah titik yang sudah kami petakan untuk pengamanan tahun baru 2024,” kata Zain dalam keterangannya.

Zain juga bakal fokus pada penindakan aktivitas konvoi malam baru dan pesta kembang api. 

Dia meminta masyarakat untuk tak melakukan konvoi dan pesta kembang api malam tahun baru karena berpotensi menimbulkan gesekan antar kelompok, kemacetan hingga kecelakaan. 

Pengamaman Tahun Baru di Kota Tangerang

Untuk lokasi pengamanan, Zain menuturkan akan dilakukan di sejumlah titik ini. Diantaranya di Kota Tangerang yakni 1. Taman Elektrik Pusat Pemerintahan Kota (Puspemkot) Tangerang, 2. Danau Cipondoh, 3. Situ Bulakan Periuk, 4. kawasan TangCity Mall, 5. Kawasan Kuliner Pasar Lama dan 6. kawasan Mall Alam Sutera.

Pengamanan di wilayah kabupaten Tangerang akan dilakukan di kawasan penyebrangan di Cituis, Pantai Tanjung Pasir. Lalu di Kawasan PIK 2 di Pantai Pasir Putih dan Apartemen Tokyo.

“Petugas gabungan juga dikerahkan ke lokasi-lokasi lain yang menjadi pusat keramaian di malam pergantian tahun baru 2024,” papar Zain.

 

Tahun baru
Kapolrestro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho saat memantau salah satu pos pengamanan natal dan tahun baru 2024. Dok. Humas Polrestro Tangkot

Pengamanan Tahun Baru di Kabupaten Tangerang

Sementara itu di wilayah Kabupaten Tangerang, ada sekira 600 personel gabungan yang dikerahkan Polres Kota Tangerang untuk pengamanan tahun baru 2024. 

Kapolresta Tangerang Kombes Pol Sigit Dany Setiyono menjelaskan, personel yang dikerahkan gabungan dari TNI/Polri Polda Banten, Dinas Perhubungan, Pramuka serta instansi terkait lainnya. 

Sigit menerangkan, ratusan personel keamanan tersebut disebar di empat titik keramaian di Alun-alun Tigaraksa, Citra Raya, Kawasan Perumahan Alam Sutra (Suvarna Sutra), dan Balaraja. 

“Dan di beberapa titik itu akan menjadi atensi kami tapi tidak terbatas pada tempat di seluruh wilayah Polresta Tangerang,” ujarnya. 

Pihak Polresta Tangerang juga menyiagakkan tim khusus sebagai upaya antisipasi terjadinya tindakan kriminal seperti aksi tawuran, gang motor dan balap liar dengan melakukan patroli ke sejumlah titik-titik rawan. 

Sigit meminta agar masyarakat tak melakukan pesta kembang api dan konvoi karena berbahaya.

“Menggunakan petasan dan juga melakukan konvoi karena itu membahayakan,” kata Sigit.

Menurutnya, kegiatan pesta kembang api dan  konvoi itu dilarang ditujukan sebagai mengantisipasi terjadinya potensi gangguan ketertiban di tengah masyarakat selama malam pergantian Tahun Baru tersebut. 

“Yang mengadakan pesta kembang api di kawasan pusat perbelanjaan, perumahan harus sudah berkoordinasi dengan satuan Intelkam Polres yang memang harus membutuhkan izin,” tuturnya. 

Pengamanan Tahun Baru di Kota Tangsel

Di wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Polres Tangsel akan mengerahkan sekira 500 personel untuk mengamankan perayaan malam tahun baru 2024 itu.

“Lebih kurang sekira 500 personel,” kata Humas Polres Tangsel Iptu Wendi saat dikonfirmasi Tangselife.com.

Wendi menerangkan, ratusan personel Polres Tangsel itu akan disebar ke titik pos pengamanan yang sudah ditentukan.

“Para personel akan disebar ke masing-masing polsek dan titik-titik keramaian malam tahun baru,” pungkasnya.

Wivyh
Editor
Wivyh
Reporter