TANGSELIFE.COM– Ribuan umat Kristiani merayakan Hari Raya Paskah pada Minggu, 9 April 2023, hari ini.

Umat Kristen dan Katolik di Jakarta beramai-ramai mengikuti Misa Paskah di gereja.

Salah satu lokasi gereja yang dipadatu jemaat untuk mengikuti Misa Paskah adalah Gereja Katedral Jakarta di Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat.

Dalam rangka peringatan hari besar keagamaan tersebut, Gereja Katedral Jakarta membagi jadwal ibadah Misa Paskah menjadi beberapa waktu.

Pantauan di Gereja Katedral Jakarta pada Minggu, 9 April 2023  pukul 10.00 WIB, ibadah Misa Paskah berlangsung khidmat.

Terdengar puji-pujian pun dipanjatkan jemaat yang hadir di sana.

Jadwal ibadah Misa Paskah di Gereja Katedral terbagi menjadi pukul 06.00 WIB secara offline, pukul 8.30 WIB secara hybrid yakni offline dan online.

Lalu, Misa Pontifikal pukul 11.00 WIB secara offline, dan Misa Keluarga pukul 16.30 WIB secara hybrid alias offline dan online.

Adapun Misa Pontifikal merupakan misa khusus yang hanya diselenggarakan saat ibadah Natal dan Paskah saja.

Uskup Keuskupan Agung Jakarta (KAJ), Kardinal Ignatius Suharyo memimpin langsung Misa Pontifikal.

Dengan jadwal yang sudah ditetapkan itu, para jemaat menyesuaikan waktu kehadiran dengan tiba lebih awal di gereja sebelum mengikuti misa.

Guna mengamankan prosesi Misa Paskah agar berjalan lancar dan aman, Polda Metro Jaya mengerahkan personel untuk pengamanan di Gereja Katedral.

Didampingi anjing pelacak atau K9, petugas kepolisian terlihat secara berkala menyusuri pintu yang menjadi akses masuk dan keluar Gereja Katedral Jakarta.

Ruang Misa Paskah Berkapasitas 3.000 Jemaat

Humas Katedral dan Keuskupan Agung Jakarta Susyana Suwadie menyampaikan, pihaknya menyediakan ruang ibadah untuk 3.000 jemaat untuk ibadah Misa Paskah. 

Meski begitu, protokol kesehatan COVID-19 tetap diterapkan. Salah satunya, jemaat yang hadir wajib mengenakan masker.

”Adapun kapasitas gereja untuk ibadah pekan suci ini kami sediakan 3.000 kursi. Kami juga menyiapkan 500 kursi cadarangan,” ujar Susyana, Minggu 9 April 2023.

Adapun  Perayaan Paskah tahun ini, Keuskupan Agung Jakarta mengambil tema “Peran Serta Kita Dalam Kesejahteraan Bersama”.

“Tema Paskah pada tahun mengajak semua umat Katolik terutama di Keuskupan Agung Jakarta untuk mengasihi, semakin peduli, dan semakin bersaksi,” tandas Susyana juga.