TANGSELIFE.COM-Kebakaran terjadi di Rumah Makan Jasunda di Jalan Kencana Loka Blok K No. 1 C, BSD, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Jumat, 12 Mei 2023 pagi tadi. 

Si jago merah membakar rumah makan yang lokasinya dekat dengan Cluster Golden Vienna, Perumahan BSD itu pada Jumat 12 Mei 2023 pukul 08.15 WIB.

“Api membumbung cukup tinggi hingga wuwungan atap Rumah Makan Jasunda,” terang Samsul, tukang parkir di sekitar lokasi yang melihat peristiwa kebakaran tersebut.  

Dia juga mengatakan saat kejadian kebakaran, lalu lintas tidak terlalu padat. “Jalanan cukup lengang dari lalu lalang kendaraan. Tapi sempat panik tadi sih pas kebakaran,” katanya lagi. 

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) yang mendapatkan laporan kebakaran langsung mengirimkan sejumlah mobil damkar dan personel ke lokasi kejadian. 

Sebanyak lima unit mobil pemadam kebakaran langsung menuju lokasi kejadian beberapa menit setelah kebakaran terjadi. 

Mobil Damkar itu empat unit berasal dari Dinas Damkar Kota Tangsel dan satu unit lagi dari pemadam kebakaran BSD City.

Beruntung saat itu, kondisi lalu lintas tidak terlalu ramai hingga empat mobil Damkar bisa langsung datang ke lokasi kejadian dan memadamkan api. 

“Kebakaran di Rumah Makan Jasunda di Jalan Kencana Loka, BSD, sudah berhasil dipadamkan,” terang petugas piket kantor Damkar Kota Tangsel bernama Fendi, Jumat 12 Mei 2023.

Dia juga mengatakan kebakaran pukul 08.15 WIB itu berhasil dipadamkan pada pukul 08.45. Lalu petugas melakukan pendinginan hingga pukul 09.30 WIB.

Komandan Peleton (Danton) Dinas Damkar Kota Tangsel, Imam mengatakan kalau kebakaran itu terjadi sekitar pukul 08.15 WIB. 

“Kami kerahkan total 5 unit mobil Damkar dan 20 personel untuk memadamkan kobaran api. Proses pemadaman berlangsung kurang lebih 30 menit,” terangnya.

Dia juga mengatakan area Rumah Makan Jasunda yang terbakar hanya 25 persen dari luas bangunan rumah makan tersebut. 

“Jadi yang terbakar cuma tempat lesehan untuk makan saja. Lokasi tempat lesehan itu  berdampingan dengan area dapur yang kami duga jadi pemicu api,” katanya juga. 

Dugaan sementara, kata Imam juga, api yang berkobar bersumber dari kebocoran gas yang berdekatan dengan dapur tempat karyawan memasak.

Imam juga mengatakan dalam peristiwa itu, satu orang karyawan Rumah Makan Jasunda mengalami luka bakar akibat kebakaran tersebut.

“Ada satu karyawan Rumah Makan Jasunda terluka terkena jilatan api,” terang Imam juga saat dihubungi Jumat 12 Mei 2023.

Meski begitu, dia tidak tahu kondisi terkini karyawan Rumah Makan Jasunda yang terluka tersebut. Tapi dia mendengar kalau karyawan itu dibawa untuk mendapatkan pengobatan.

Polsek Serpong Lakukan Olah TKP

Usai api berhasil dipadamkan, sejumlah petugas dari Polsek Serpong mendatangi lokasi kejadian dengan menggunakan satu mobil patroli.

Pantauan Tangselife.com, petugas langsung melakukan olah tempat kejadian (TKP) dan memasang garis polisi di lokasi kebakaran dengan luas sekitar 4×3 meter tersebut. 

Adapun lokasi yang terbakar adalah area table lesehan atau saung lesehan yang jadi tempat makan lesehan yang ludes terbakar. 

“Dugaan sementara, kebakaran ini karena gas yang bocor dari area dapur dan menyebabkan terjadinya kobaran api lalu membakar area tempat makan lesehan ini,” ujar seorang polisi dari Polsek Serpong.