TANGSELIFE.COM– Retail peralatan rumah tangga, ACE Hardware bakal undur diri dari Indonesia pada akhir tahun 2024 ini setelah beroperasi selama 29 tahun.

Keputusan ini diambil usai PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (AHI) (ACES) tidak lagi melanjutkan perjanjian lisensi dengan Ace Hardware International Holodings Ltd.

Kini PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk tengah mempersiapkan peluncuran identitas merek baru yang akan diperkenalkan pada awal tahun 2025 kepada seluruh pelanggan di Indonesia.

Direktur PT AHI ACES Gregory S Widjaja mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk menghadirkan beragam inovasi produk serta layanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi hidup pelanggan Indonesia.

Sejarah ACE Hardware di Indonesia

Retail perkakas populer di Indonesia ini membuka gerai pertamanya di Karawaci, Tangerang pada 1996.

ACE Hardware ini masuk ke Indonesia usai PT ACE Hardware Tbk berdiri pada 1995 di bawah Kawan Lama Group yang didirikan Wong Jin.

Kemudian, pada tahun 2018 diperkenalkan gerai ACE Xpress dengan luas bangunannya 1.000 meter persegi.

ACE Xpress ini ada di berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Jabodetabek, Bandung, Surabaya, hingga Palembang.

Dua tahun berlalu, ACE juga meluncurkan aplikasi belanja online bertajuk MISS ACE pada 2020.

Per tahun 2022, ACE Hardware di Indonesia ada 228 gerai yang tersebar di 52 kota.

ACE Living World Alam Sutera merupakan toko ACE Hardware yang paling terbesar di dunia.

Pada 7 Juni 2024 ketika mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), PT ACE Hardware Tbk memutuskan untuk mengganti nama perusahaan menjadi PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (ACES).

Selain perubahan nama perusahaan, PT ACES juga memutuskan untuk tidak memperpanjang lisensi dengan ACE Hardware International Holdings, Ltd., yang bakal berakhir pada 31 Desember 2024.

Usai 29 tahun beroperasi di Indonesia, tercatat ada 241 ritel ACE Hardware di 73 kota dan telah mengekspansi ke enam wilayah, yakni Banyuwangi, Garut, Banda Aceh, Tanjungpinang, Ternate, dan Palopo.

Sejarah ACE Hardware

Dilansir dari laman resminya, retail perkakas populer iniĀ  berada di bawah naungan ACE Hardware International Holdings, Ltd di Illions, Amerika Serikat.

Perusahaan ini menjual peralatan rumah tanggah yang didirikan oleh sekelompok toko peralatan di Chicago pada 1924.

Untuk meningkatkan keuntungan dan daya tarik pelanggan, mereka mendirikan Ace Stores, Inc.

Lalu, pada tahun ketujuh, Ace Stores, Inc mengubah namanya menjadi Ace Hardware Corporation.

Retail perkakas ini terus berkembang pesat, dan pada tahun 1975, mereka telah memiliki toko di hampir 50 negara bagian AS.

Perusahaan ini juga terus melakukan ekspansi internasional dengan membuka toko pertamanya di luar negeri, yaitu di Guam. U

Terus memperluas operasionalnya ke tingkat global, Ace Hardware Internasional akhirnya didirikan pada tahun 2011, dengan kantor-kantor di China, Dubai, dan Panama.

Sejak tahun 2021, Ace Hardware telah memiliki 5.500 toko yang tersebar di 60 negara, meliputi Asia, Australia dan Oseania, Karibia, Eropa, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Amerika Utara.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Jihan Hoirunisa
Editor
Jihan Hoirunisa
Reporter