TANGSELIFE.COM-Selama empat hari cuti bersama Lebaran 2023 yakni mulai tanggal 22-25 April 2023, volume sampah di Kabupaten Tangerang mengalami penurunan. 

Selama empat hari libur Lebaran 2023 dan dua haru setelahnya itu, volume sampah di Kabupaten Tangerang mencapai 1.400 ton per hari. 

“Jumlah itu mengalami penurunan sekitar 30-40 persen,” terang Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Tangerang, Achmad Taufik, Jumat, 28 April 2023. 

Dia juga mengatakan, sampah tersebut didominasi jenis organik hasil domestik atau sampah rumah tangga dan sampah pasar.

Taufik juga mengatakan sampah yang dihasilkan 4,1 juta warga Kabupaten Tangerang ini mengalami penurunan bila dibandingkan pada Maret 2023 lalu. 

Menurut Taufik, penurunan volume sampah itu disebabkan warga Kabupaten Tangerang yang mudik yang berakibat berkurangnya sampah. 

Lantaran pada bulan sebelumnya sampah yang dihasilkan mencapai 2 ribu ton per hari. “Jadi memang saat Lebaran 2023 karena banyak yang mudik, volume sampah berkurang,” paparnya. 

Kendati begitu, dia memastikan operasional pengangkutan sampah tetap berjalan normal dan jumlah petugas juga tidak berkurang.

“Kita tetap operasikan petugas setiap hari untuk mengangkut sampah warga, dengan memaksimalkan jumlah armada yang ada,” tandasnya juga. 

Taufik juga mengatakan kalau sampah warga Kabupaten Tangerang itu dibuang ke TPA Jatiwaringin yang berlokasi di Kecamatan Sukadiri.