TANGSELIFE.COM – Kabel internet semrawut di depan Kantor Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) diputus paksa oleh Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (DSDABMBK).

Pemutusan kabel internet atau fiber optik itu menyasar kabel yang ada di Jalan Maruga Raya, Ciputat.

Dalam pemutusan kabel internet tersebut DSDABMBK Tangsel turut menggandeng Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (APJATEL).

Kepala Seksi Perencanaan Jalan dan Jembatan pada DSDABMBK, Ramdhan Arafat mengatakan, pemutusan tersebut merupakan rangkaian dari targetnya untuk membersihkan kabel di tiga ruas jalan pada tahun 2023 lalu.

“Tahun 2023 kita sudah sosialisasikan, ada tiga ruas jalan yaitu Ciater, Parakan dan Benda Raya, yang mana pada bulan 11 (November 2023, red) kemarin, jalan Ciater sudah kita selesaikan, selanjutnya tahap kedua Parakan Benda,” kata Ramdhan kepada wartawan, Selasa, 23 April 2024.

Ramdhan menyebut, pihaknya mencatat terdapat 15 operator jaringan telekomunikasi yang kabelnya terbentang di ruas jalan tersebut.

Ia mengungkapkan, sebelumnya pihaknya telah melakukan sosialisasi dan memberikan tenggat waktu kepada masing-masing operator untuk segera merapihkan kabelnya agar tidak semerawut.

Perapihan yang dimaksud yaitu dengan memindahkan kabel yang sebelumnya menjuntai di tiang untuk ditanam di bawah tanah.

“Sudah disosialisasikan sebelumnya, pertemuan terakhir kita pada bulan Ramadan, kita sosialisasikan, undang operator, kita sampaikan untuk pemutusan,” terangnya.

“Setelah pemutusan, kabel jaringan harus ada di dalam tanah semua, contoh seperti jalan raya Ciater. Kabel di atas udah gak ada, lewat bawah semua,” pungkasnya.

5 Titik Ruas Jalan Penertiban Kabel Internet Semrawut

Untuk tahun 2024 sendiri, DSDABMBK Tangsel menargetkan melakukan perapihan kabel semrawut di 5 ruas jalan yang tersebar di beberapa wilayah Tangsel.

Kelima titik tersebut diantaranya Jalan Kelurahan kecamatan Serpong, jalan Serua Raya kecamatan Ciputat, jalan Merpati Raya, jalan Menjangan Raya, dan jalan WR Supratman kecamatan Ciputat Timur

Untuk jalan Serua Raya akan di mulai dari bundaran maruga hingga jalan Aria Putra.

Sedangkan jalan Merpati Raya kabel semrawut akan ditertibkan mulai dari simpang tanah tingal hingga simpang perempatan duren. Untuk jalan Menjangan Raya kabel semrawut akan ditertibkan mulai dari simpang perempatan duren hingga menemui jalan WR Supratman.

Sementara untuk di Jalan WR Supratman, kabel yang akan ditertibkan mulai dari simpang Jl. Ir. Juanda Ciputat hingga Stasiun Kereta Pondok Ranji dan jalan Kelurahan akan mencakup disepanjang jalan kelurahan hingga ketemu jalan Ciater Raya.

DSDABMBK telah memberikan target kepada para pemilik jaringan telekomunikasi untuk mulai melakukan penertiban sejak saat ini.

Pada akhir tahun 2024 nanti seluruh kabel semrawut di 5 ruas jalan tersebut ditargetkan selesai dengan cara ditanam dibawah tanah.

Intan
Editor
Andre Pradana
Reporter