TANGSELIFE.COM – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang, mencatat ada sebanyak 13.602.628 wisatawan yang berkunjung sepanjang 2023.

Kepala Disbudpar, Kota Tangerang, Rizal Ridolloh mengatakan, data itu terdiri dari wisatawan sekaligus tamu hotel dan wisatawan yang mengunjungi tempat wisata.

Lebih rinci lagi, wisatawan yang datang ke Kota Tangerang, terdiri dari tamu hotel nusantara sebanyak 1.211.852 orang, tamu hotel mancanegara sebanyak 255.498 orang dan wisatawan tempat wisata sebanyak 12.135.278 orang.

Lebih lanjut, Rizal mengatakan, kenaikan paling signifikan pada sektor tempat wisata.

“Diidentifikasi, faktor yang mempengaruhi ini ialah sektor ekonomi di Indonesia tak terkecuali Kota Tangerang kian pulih, sehingga aktivitas masyarakat kembali normal bahkan meningkat,” ujarnya, Selasa, 30 Januari 2024.

Lanjut Rizal, beberapa faktor yang mendorong datangnya wisatawan karena pilihan hotel di kawasan itu menawarkan program menarik.

Serta 17 taman tematik, wisata kuliner, hingga wisata olahraga dan ragan event di 2023 lalu.

Beberapa festival yang diadakan di Kota Tangerang, seperti Digifest, Festival Al Azhom, Festival Cisadane, dan masih banyak festival lainnya.

“Taman Tematik dengan keberadaan Bus Jawara secara gratis, yang tak henti-hentinya, setiap harinya selalu dikunjungi ratusan pelajar dari berbagai sekolah. Hal ini juga mendorong daya tarik Kota Tangerang,” paparnya.

Lanjutnya, berdasarkan data, angka hunian hotel di sekitar Bandara Soekarno Hatta juga cukup tinggi. Disebabkan, kembali diizinkannya umrah ke Tanah Suci.

“Dengan itu, Pemkot Tangerang banyak menjalin kerja sama dengan pihak Bandara Soekarno Hatta. Semoga kemajuan wisatawan ini dapat terus meningkat untuk kemajuan Kota Tangerang,” pungkasnya.

Sopiyan
Editor