TANGSELIFE.COM-Curhatan seorang ibu rumah tangga yang anaknya mendapatkan kekerasan verbal beredar di media sosial (medsos) TikTok.

Kekerasan verbal dengan kata-kata “tolol” berulang kali itu diucapkan oleh seorang guru pendidikan jasmani (penjas) di SMA negeri di Tangerang Selatan. 

Curhatan anaknya dibully seorang guru itu diungkapkan oleh akun TikTok @lyla251220 yang diposting pada Minggu 14 Mei 2023  siang. 

Dalam curhatan video TikTok itu, ibu rumah tangga yang mengenakan jilbab berwarna hitam mengawali kata-katanya, “Surat terbuka untuk Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan, Banten,”

Dalam video itu dia melanjutkan ingin mengutarakan kekecewaannya terhadap oknum guru di salah satu SMA negeri favorit di Pamulang, Tangerang Selatan.

Wanita yang mengaku single parent itu kecewa karena anaknya berkali-kali dikatakan “tolol’ oleh seorang guru di sekolah anaknya tersebut. 

“Secara akademik anak saya nilainya bagus. Anak saya juga nyaris selalu juara kelas, tapi ada oknum guru menyebut anak saya berkali-kali tolol,” ujarnya seperti dilihat Selasa 16 Mei 2023.

Dia juga mengatakan, dirinya menyekolahkan anaknya agar pintar dan cerdas tapi kenapa anak saya disebut tolol oleh oknum guru tersebut.

“Harusnya guru itu berjiwa pendidik dan bukan menghardik, selama ini saya diam atas kelakuan oknum guru ini,” lanjutnya.

Dia mengatakan masalah itu terkait pendidikan renang yang jauh dari sekolahnya. Kegiatan renang sekolah anaknya sangat jauh dari lokasi tempat tinggalnya. 

“Saya tinggal di Pamulang dan anak saya sekolah di Pamulang. Tapi kenapa kalau kegiatan berenang jauh di Bintaro,” ucapnya juga. 

Padahal biaya yang dikeluarkan oleh anaknya untuk naik ojek online dan taksi online cukup mahal. “Biaya renang juga mahal dan memberatkan,” cetusnya. 

Terakhir kali anaknya disebut tolol oleh oknum guru itu terkait raket bulutangkis saat pelajaran olahraga.

“Anak saya hanya memberi saran agar raket bulutangkis dipake bergantian gak usah beli semua siswa karena mahal,” curhatnya juga. 

“Tapi oleh oknum guru itu anak saya dikatakan tolol. Apa salah anak saya pak? Karena cuma ngasih saran dikatakan tolol!,” paparnya juga. 

Hingga Selasa 16 Mei 2023 pukul 11.30 ini, video itu sudah disukai 1.868 orang dan dishare sebanyak 446 kali dan belum ada yang berkomentar.

Hingga kini, belum diketahui pastinya di mana anak @lyla251220 bersekolah. Dia hanya menyebut anaknya bersekolah di SMA negeri favorit di Pamulang.

Berdasarkan penelusuran Tangselife.com, hanya ada dua SMA negeri di Kecamatan Pamulang yakni SMAN 3 Tangsel dan SMAN 6 Tangsel.

SMAN 3 Tangsel sekolahnya berlokasi di Jalan Benda Timur XIA E No.31, Benda Baru, Kecamatan Pamulang.

Siswa SMAN 3 Tangsel saat pelajaran sekolah tidak berenang di kolam renang di kawasan Bintaro.

Seluruh siswa SMAN 3 Tangsel siswanya saat pelajaran olahraga berenang  di kolam renang The Green BSD, Kecamatan Serpong.

Sedangkan untuk siswa SMAN 6 Tangsel untuk pelajaran olahraga siswanya berenang di Kolam Renang Emerald, Bintaro, Kecamatan Pondok Aren. 

Dindikbud Banten Lakukan Penelusuran Kekerasan Verbal di Sekolah

Terkait video curhatan orangtua siswa itu, Sekretaris Dinas (Sekdis) Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten Lukman mengaku belum tahu kasus tersebut.

“Saya juga baru tahu adanya video TikTok tentang keluhan orangtua terhadap oknum guru dari wartawan,” terangnya saat dikonfirmasi Selasa 16 Mei 2023.

Meski begitu, Lukman mengatakan pihaknya akan melakukan penelusuran dan klarifikasi dahulu terkait video TikTok tersebut. 

“Terimakasih informasinya,” ungkap juga mantan Kepala Bidan (Kabid) SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banten tersebut.