TANGSELIFE.COM – Salah seorang siswi asal Tangsel (Tangerang Selatan), Kirana Ashawidya Baskara, terpilih sebagai calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pusat tahun 2024.

Kirana Ashawidya Baskara sendiri tercatat sebagai siswi kelas 10 SMA Labschool Cirendeu.

Wanita yang akrab disapa Asha itu merupakan satu-satunya siswi asal Tangsel yang mewakili Provinsi Banten untuk mengibarkan bendera merah putih pada 17 Agustus 2024 mendatang di Ibu Kota Nusantara atau IKN.

Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Tangsel, Warta Wijaya mengatakan, Asha dinyatakan lolos mewakili Provinsi Banten setelah melalui serangkaian tahapan seleksi mulai dari tingkat kota hingga pusat.

Ia menjelaskan, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon Paskibraka, mulai dari tinggi badan, kesehatan fisik, pengetahuan baris-berbaris hingga wawasan tentang kebangsaan.

“Setelah melalui serangkaian tahapan seleksi Alhamdulillah Asha berhasil lolos untuk mewakili Provinsi Banten sebagai Paskibraka di IKN,” kata warta kepada Tangselife.com, Senin, 24 Juni 2024.

Selain Asha yang merupakan siswi asal Tangsel, Provinsi Banten juga akan diwakilkan satu pelajar lainnya asal Kabupaten Serang yaitu Naufal Gibran Ahmadinezad Kuswara.

Warta mengungkapkan, lolosnya Asha sebagai calon Paskibraka pusat menjadikan Tangsel sebagai wilayah yang konsisten mengirimkan perwakilannya selama tiga kali berturut-turut.

“Hasil ini tentu tak lepas dari kolaborasi semua elemen terkait yang ada di Tangsel. Yang pasti perjuangan Asha yang luar biasa serta peran serta orang tua, pembina di sekolah dan juga pemerintah kota Tangerang Selatan,” terangnya.

Ia pun berharap wanita yang kini genap berusia 16 tahun itu dapat menjalankan tugas hingga tuntas tanpa ada halangan apapun.

“Kedepannya saya harap Asha sukses dalam penugasannya di IKN nanti dan dapat membawa nama baik Banten khususnya Tangerang Selatan di tingkat nasional,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Whatsapp Channel Tangselife di Ponsel Kamu
Jihan Hoirunisa
Editor
Andre Pradana
Reporter